ARTICLE

Fri - Jul 03, 2020 / 546 / Parenting

4 Cara Agar Anak Rajin dan Tekun Berdoa!

Sebenarnya tidak sulit kok untuk mengajarkan anak berdoa. Anak itu biasanya mencontoh apa yang orang tua atau orang-orang di sekitarnya lakukan. Jika kita sebagai orang tua rajin berdoa dan mau melibatkan anak, maka mereka akan terbiasa untuk berdoa. Tidak perlu dengan kata-kata yang indah dan rumit, hanya dengan bahasa sehari-hari mereka yang mudah dimengerti juga tidak apa-apa.

Ada 4 cara yang bisa Superparents terapkan agar anak tertarik dan menjadi suka berdoa:

Baca juga : 7 CARA EFEKTIF MENGAJARKAN ANAK KETEKUNAN SEDARI DINI

  1. Keep it simple

Saat orang tua berdoa dengan anak, tidak perlu berbelit-belit dengan bahasa nan indah yang pada akhirnya sulit dimengerti oleh anak. Akhirnya mereka merasa minder karena tidak mampu menggunakan bahasa seperti yang Superparents gunakan. Pakailah bahasa yang sederhana dan mampu dimengerti oleh anak. Tidak perlu panjang kali lebar, anak juga sudah mengerti kok tujuan dan intinya. (Matius 67-8)

 

  1. Dengungkan terus karakter Allah

Ketika dalam keluarga kita sering memuji dan memuliakan Tuhan, anak juga akan semakin mengerti karakter Tuhan. Ini akan tertanam dalam hati mereka dan membuat mereka rajin untuk berkomunikasi dengan Tuhan melalui doa.

 

  1. Sebagai sarana pertobatan

1 Yohanes 1: 9 mengatakan, “Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.”  Kita juga perlu mengajarkan kepada anak-anak bahwa mereka bisa mengakui segala dosa dan kesalahannya kepada Tuhan. Karena Ia adalah Tuhan yang setia dan adil.

 Baca juga : 2 CERITA SEKOLAH MINGGU TENTANG DOA YANG BISA MENGUATKAN ANAK-ANAK

  1. Paparkan tujuan berdoa

Berdoa itu bukan hanya karena anak ingin meminta sesuatu kepada Tuhan lho! Tapi justru doa itu bagaikan nafas hidup dari iman kita, atau bisa dibilang sarana komunikasi terbaik kita dengan Tuhan. Dengan berdoa anak bisa curhat, memohon sesuatu hal, bersyukur kepada Tuhan, menyembah Dia, meminta pengampunan, dan banyak hal lainnya.

Jadi kesimpulannya, doa adalah hak istimewa, hadiah yang indah, dan sebuah anugerah. Tidak hanya bagi kita, tetapi untuk anak-anak kita juga. Ketika kita berdoa dengan anak-anak kita, percayalah doa-doa kita mengajar dan memuridkan mereka untuk mengetahui lebih banyak tentang Allah, siapakah Ia, dan apa yang telah dilakukan-Nya.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK