ARTICLE

Wed - Mar 04, 2020 / 496 / Sunday School

3 Trik Kekinian Memanfaatkan Gadget Anak di Ibadah Sekolah Minggu

Gemes ya kak kalau kita sedang beribadah ada saja anak yang nggak bisa lepas dari gadgetnya. Sudah dibilangin untuk main HPnya nanti dulu, eeehh… masih saja digunakan, padahal kan ibadah sudah dimulai. Nah daripada kita pusing-pusing melarang mereka, Superbook punya tips nih yang bisa membantu kakak di sekolah Minggu.

1. Manfaatin saja gadget mereka

Pas lagi pusing nglarang anak-anak pakai gadget, eh pas banget tidak ada pemusik nih. Kakak manfaatkan saja gadget mereka sebagai musik pengiring untuk pujian. Kan bisa tuh search di Youtube, tentukan lagunya, lalu mainkan bersama anak lain yang punya gadget.

 Baca juga : CARA AMPUH MEMBUAT SEKOLAH MINGGU LEBIH MENYENANGKAN

2. Rekam video

Kita juga bisa menggunakan handphone sebagai alat untuk syuting. Misalnya ada anak yang berperan sebagai wartawan dan cameramen. Nah tapi anak yang mau menjadi wartawan atau cameramen harus membaca ayatnya terlebih dahulu. Lalu mereka ceritanya akan bertanya seputar firman itu kepada kakak guru sekolah Minggu. Jadi kakak seakan menjadi narasumber mereka. Anak-anak belajar dengan cara berbeda begitu pula gurunya juga bisa kreatif menyampaikan firman. Nah terakhir yang jadi cameramen diberikan PR untuk edit videonya kak, besok presentasikan ke anak-anak lainnya. Keren dan kreatif kan?

 

Sumber : Youtube

3. Review pelajaran

Misalkan anak-anak baru saja belajar tentang kisahnya Abraham. Setelah itu mereka bertugas untuk me-review antara firman dan kehidupan mereka sehari-hari. Contohnya setelah belajar, anak akan menulis atau buat vlog tentang nilai-nilai yang mereka pelajari dari Abraham, lalu apa yang akan mereka lakukan selanjutnya. Kan anak-anak zaman sekarang suka tuh bikin-bikin vlog sama update status. Jadi daripada bikin dan update konten unfaedah, mending kita latih anak-anak untuk mewartakan kabar baik lewat media sosial juga.

Baca juga : 5 TRIK AMPUH MEMULAI KEGIATAN SEKOLAH MINGGU YANG MENYENANGKAN

Nah itulah 3 ide kekinian untuk memanfaatkan gadget di sekolah Minggu kakak. Jangan haramkan teknologi, tapi kita bisa kok menggunakannya menjadi alat bantu kita dalam mengajar. Anak senang, gurupun kreatif.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK