ARTICLE

Fri - Feb 28, 2020 / 602 / Sunday School

Cara Ampuh Membuat Sekolah Minggu Lebih Menyenangkan

Selain belajar, anak punya motivasi lain lho kak saat datang ke sekolah Minggu. Bisa karena mereka bertemu dengan teman-temannya, firman dan penyampaiannya bagus, bahkan karena sekolah Minggu itu sendiri menyenangkan untuk mereka. Kalau anak sudah merasa bahwa sekolah Minggu merupakan kebutuhan tanpa perlu desakan orang tua, tugas kita sebagai guru sekolah Minggu adalah untuk mempertahankan anak dengan mengelola kegiatannya dan penyampaian Firman-Nya itu sendiri.

Lalu bagaimana caranya membuat sekolah Minggu kita menjadi lebih menyenangkan untuk anak? Superbook punya 6 cara:

1. Persiapan

Hayooo… jujur saja ya kak, mendengar firman Tuhan secara satu arah sambil melihat guru sekolah Minggu membaca buku materi jelas sangat membosankan. Lebih baik kakak sudah mempersiapkan bahannya jauh-jauh hari sebelum sekolah Minggu, sehingga kakak punya waktu untuk merancang sekolah Minggu lebih menyenangkan. Kakak nggak akan bisa membuat kelas menjadi pengalaman terbaik anak kalau kakak sendiri belum siap juga lho.

 Baca juga : 5 TRIK AMPUH MEMULAI KEGIATAN SEKOLAH MINGGU YANG MENYENANGKAN

2. Bersenang-senanglah

Tahukah kakak, kalau anak-anak juga bisa lho merasakan ketakutan atau kegugupan kita. Yuk kita minta penyertaan Tuhan sebelum memimpin sekolah Minggu dan memberikan kesukacitaan bagi kita maupun anak-anak di dalamnya. Seperti pada Mazmur 122:1.

 

3. Tertawa dan melucu

Bersamaan dengan itu, kelas juga perlu penuh dengan tawa sukacita karena tawa adalah bahasa bahagia dari si anak. Jadi persiapkan juga kak kata atau kalimat hiburan untuk anak agar mereka terangsang untuk tertawa. Coba cari tahu nih apa sih hal-hal yang bisa membuat anak di kelas kakak tertawa?

 

4. Aktif dan bergerak

Ketika anak hanya duduk, itu adalah kondisi yang tidak menyenangkan untuk mereka. Yuk gunakan kegiatan lain agar lebih menarik. Memang penting ada waktu untuk anak duduk dan mendengarkan, tapi ya jangan sampai mereka melakukan itu dalam jangka waktu lama. Kakak bisa gunakan lagu dengan gerakan, permainan, drama, dan kegiatan lainnya. Ingat ya kak, rentang waktu terlama anak bisa berkonsentrasi adalah umur mereka sendiri. Misalnya anak umur 6 tahun, berarti kakak harus berusaha mengganti gaya kakak berbicara, atau mengajak anak bergerak setiap kurang lebih 6 menit.

 Baca juga : GEREJA DARURAT PEMIMPIN GENERASI ANAK?! INI 5 TIPS MUDAH LAHIRKAN 5 PEMIMPIN GENERASI ANAK

5. Pastikan relevan

Bantu anak agar mereka bisa menegrti bahwa firman Tuhan yang disampaikan itu bisa dilakukan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Ketika kita menanamkan bahwa firman Tuhan itu penting, maka mereka juga akan menganggapnya penting juga. Jadi ajarkan kepada mereka bahwa Firman Tuhan itu adalah ‘firman yang hidup’ dan bisa memberikan dampak luar biasa bagi kehidupan mereka.

 

6. Terhubung dengan anak

Agar anak merasa dianggap dalam kelas, gunakan nama mereka dalam kegiatan yang ada di kelas kakak. Kakak boleh melibatkan semuanya ya. Ketika kakak melibatkan mereka dalam kegiatan sekolah Minggu, mereka akan merasa kegiatan ini juga menyenangkan. Kakak juga perlu berkonsentrasi terhadap hubungan anak satu dengan lainnya, karena faktor kesenangan anak juga meningkat ketika mereka bisa saling berteman.

Susah-susah gampang ya kak ternyata membuat kelas menjadi menyenangkan. Nah apakah kakak sudah siap nih dengan sekolah Minggu? Atau punya saran untuk guru-guru lainnya? Boleh ya kak di-share di kolom komentar.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK