ARTICLE

Thu - Feb 13, 2020 / 1577 / Sunday School

3 Kegiatan Kreatif yang Bisa dilakukan Sekolah Minggu di Momen Valentine

Bulan Februari biasanya identik dengan bulan kasih sayang. Soalnya ada hari valentine di bulan ini. Nah kakak guru sekolah Minggu sudah memikirkan mau membuat kegiatan apa di sekolah Minggu belum? Kalau belum, Superbook ada nih 3 referensi kegiatan yang bisa kakak lakukan di sekolah Minggu bertemakan Valentine.

Kakak guru bisa memanfaatkan Valentine sebagai waktu untuk memperkenalkan cinta dan kasih sayangnya Tuhan Yesus kepada mereka maupun orang lain disekitarnya. Caranya mudah :

1. Kotak Valentine

Sumber : Pinterest

Kakak bisa menyediakan atau menganjurkan kepada anak-anak sekolah Minggu untuk membawa box polos dari kertas. Nantinya di sekolah Minggu, anak-anak bisa menghiasnya dengan gambar, kertas warna warni, dan kartu ucapan. Mereka lalu diajak untuk mengisi kotak valentine itu dengan permen, kue kering, coklat, atau barang apa saja. Setelah itu tulis di kartu ucapan pesan kasih sayang dan ditutup dengan kata “Yesus Mengasihimu”.

Baca juga : 5 CARA MEMBAGIKAN KASIH KEPADA ANAK SEKOLAH MINGGU KITA!

2. Doa kasih sayang

Sumber: Youtube

Dorong gereja dan sekolah Minggu kakak untuk memfasilitasi anak-anak dalam hal doa. Sediakan kertas berwarna pink atau merah yang berbentuk hati. Tuliskan ayat dari Efesus 4: 14-19 di bagian belakang (warna putih) beserta isinya, “sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,  tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala. Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, yang rapih tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih. Sebab itu kukatakan dan kutegaskan ini kepadamu di dalam Tuhan: Jangan hidup lagi sama seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah dengan pikirannya yang sia-sia dan pengertiannya yang gelap, jauh dari hidup persekutuan dengan Allah, karena kebodohan yang ada di dalam mereka dan karena kedegilan hati mereka. Perasaan mereka telah tumpul, sehingga mereka menyerahkan diri kepada hawa nafsu dan mengerjakan dengan serakah segala macam kecemaran.”

Dan di bagian yang berwarna, ajak anak menuliskan nama dan umur mereka. Lubangi bagian atas kertas hati tersebut dan diberi tali. Lalu gantungkan “hati anak-anak” itu di langit-langit gereja. Ajaklah jemaat yang ada di gereja setiap minggunya untuk mengambil beberapa hati dan mendoakan anak-anak tersebut sesuai dengan firman Tuhan yang tertera.

Baca juga : 5 KARAKTER GENERASI YANG MENJADI TANTANGAN BAGI GEREJA JAMAN NOW! 

3. Terjalin dengan cinta

Sumber : Pinterest

Anak-anak pasti seru sekali bisa mendekorasi bersama sambil berlatih bersyukur lewat kegiatan ini. Kakak bisa menggunakan pagar kayu/bambu atau jika tidak ada, bisa diganti dengan papan dari triplek. Ajak anak membawa hiasan atau pewarna apapun untuk menghias pagar atau papan tersebut. Bisa dengan cat, spidol, kertas, pita, dan lain-lain.

Setelah itu kakak bisa meminta anak-anak untuk menuliskan di papan atau pagar, hal-hal apa saja yang mereka syukuri selama ini. Kakak bisa menempelkannya atau anak langsung menuliskannya di papan. Lalu pajanglah itu di lingkungan gereja dan biarkan para jemaat bisa mendoakan mereka.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK