ARTICLE

Thu - Aug 06, 2020 / 318 / Sunday School

3 Hal yang Harus Dilakukan Guru Jika di Kelas Ada Anak yang Pemalu dan Pendiam

Kalau ada anak sekolah minggu di kelas kakak yang pemalu, apa yang akan kakak lakukan agar ia mau aktif? Ehm… susah-susah gampang ya kak. Hampir semua sekolah minggu sepertinya mengalami hal ini, ada anak pemalu atau pendiam dalam kelasnya. Tapi jangan khawatir kak, Superbook kali ini mau membantu kakak untuk menemukan solusinya.

Cara menghadapi anak yang pemalu atau pendiam dalam kelas:

  1. Jangan memaksa anak

Jangan paksakan keinginan kakak kepada anak yang pendiam atau pemalu. Biarkan saja mereka menikmati ibadah dengan cara mereka sendiri. Nanti kalau mereka sudah mulai nyaman dengan kondisi kelas, jalannya ibadah, teman-teman, cerita yang disampaikan, maupun hal lainnya, dengan sendirinya mereka akan terpancing untuk ikut serta. Tapi kalau mereka memang tidak mau ikut serta, kakak tetap melakukan yang terbaik untuknya.

 Baca juga : 3 CARA KREATIF AGAR ANAK MAU MEMPERHATIKAN DAN FOKUS PADA FIRMAN TUHAN

  1. Jangan terlalu fokus kepada anak yang pemalu atau pendiam

Karena masih banyak anak lain yang juga harus kita layani dengan maksimal. Oleh karena itu, tetaplah sampaikan cerita dengan cara yang kreatif dan menarik.

 

  1. Tidak perlu merasa terintimidasi

“Kok anaknya diam saja ya. Duh, suasana kelasnya jadi kaku.”

Jangan terlalu memikirkan hal tersebut ya kak. Tetapkah lakukan yang terbaik untuk semua anak dan jangan lupa berdoa serta persiapan ya. Karena dengan melakukan persiapan, kakak akan semakin siap menghadapi situasi apapun dalam kelas.

 Baca juga : 7 PRINSIP DASAR YANG HARUS GURU SEKOLAH MINGGU AJARKAN KEPADA ANAK!

Terus semangat untuk melayani ya kak walaupun di kelas kakak ada anak yang pemalu. Bantu mereka agar bisa mengenal Tuhan dan mengaplikasikan firman-Nya dalam hidup anak sehari-hari. Tuhan memberkati

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK