ARTICLE

Tue - Nov 16, 2021 / 1074 / Parenting

Cara Mengajarkan Anak Bersyukur Ditengah Masalah yang Menimpanya

Tahun 2020 dan 2021 merupakan tahun tantangan untuk kita semua. Kita diperhadapkan dengan penyakit yang menjangkit ke seluruh dunia dan mempengaruhi banyak aspek kehidupan, salah satunya ekonomi dan kesehatan. Di tengah badai hidup di tahun tersebut, apakah anak-anak bisa tetap mengucap syukur dan berterima kasih kepada Tuhan walaupun banyak masalah melanda?

Tapi bagaimana ya caranya kita mengajarkan anak untuk tetap mau mengucap syukur walaupun di tengah kesulitan dan tekanan hidup?

Baca juga : 12 SIKAP YANG SEBAIKNYA TIDAK DILAKUKAN ORANG TUA KEPADA ANAKNYA

  1. Mensyukuri koneksi

PPKM dan social distancing membuat kita agak sulit dalam bersosialisasi. Namun, kita perlu jelaskan kepada anak agar tetap menjaga hubungan yang baik dengan bertanya kabar lewat media online. Baik menelepon, chat di media sosial, atau conference call dengan beberapa orang sekaligus. Cara ini membuat anak tetap bisa bersosialisasi dan saling dukung, karena kita semua berjuang bersama.

Komunikasi seperti ini walaupun terbatas, harus tetap kita syukuri. Berkat adanya teknologi, kita masih terbantu dalam hal komunikasi. Kita tetap dapat membantu dalam menyayangi, memberikan dukungan, dan menguatkan orang-orang.

 

  1. Perspektif iman

Sudut pandang kita (perspektif) ini adalah kunci kita dalam menemukan sukacita. Oleh karena itu, ajarkan anak untuk menggunakan kaca matanya Tuhan dan mengingat bahwa Tuhan akan membawa kebaikan untuk kita semua (Roma 5:4). Jadi janganlah takut dan kuatir, karena kita tidak tahu apa rencana Tuhan untuk hidup kita.

Baca juga : ALASAN PENTING MENGAPA ORANGTUA PERLU MENGAJARKAN MANAJEMEN WAKTU KEPADA ANAK 

  1. Ingat penyertaan-Nya di tahun sebelumnya

Keputusasaan yang dirasakan biasanya bukanlah yang pertama kali muncul. Kita bisa bertahan teguh dari ujian sebelumnya, sampai ada di hari ini. Oleh karena itu, ajarkan kepada anak untuk membuat daftar kejadian yang mereka ingat tentang penyertaan Tuhan dalam hidup anak. Dan jadikan daftar itu sebagai landasan semangat untuk anak agar mereka mensyukuri penyertaan Tuhan selama ini.

 

Itulah 3 cara mengajarkan anak agar tetap bersyukur di tengah kesulitan yang menimpanya. Jika Superparents ingin mendapatkan dukungan doa, hubungi Sahabat 24 yang selalu setia membantu Anda.

SAYA MAU

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK