ARTICLE

Sun - May 21, 2023 / 2125 / Inspirational

3 Cerita Alkitab yang Wajib Orang Tua Ceritakan Kepada Anak!

Siapa yang dirumahnya seringkali membaca Firman Tuhan bersama? Apalagi orang tuanya begitu rajin menceritakan kisah tokoh-tokoh Alkitab yang luar biasa kepada anak. Wah pastinya keren sekali ya. Tapi sadarkah SuperParents, ada beberapa kisah di Alkitab yang kadang kita tidak berani ceritakan kepada anak, padahal mereka juga wajib mengetahuinya.

Sadar tidak sadar, kita mungkin melewati 3 kisah Alkitab ini dan tidak menceritakan kepada anak karena sulit menjelaskannya. Tapi jangan khawatir, Momin Super akan bantu Superparents ya.

Abraham mengorbankan Ishak

Seorang ayah yang mengorbankan anaknya menjadi korban bakaran bagi Tuhan. Whoaaaa... Bagaimana menjelaskannya kepada anak? Nanti malah bukannya membuat mereka belajar taat pada Tuhan malah ketakutan, mengira Tuhan dan Abraham adalah bapak yang jahat.

Baca juga : 5 ALASAN KENAPA TUHAN BEKERJA DI BALIK LAYAR HIDUP KITA

Padahal kisah ini mengajarkan kita dan anak-anak tentang ketaatan kepada Tuhan (Matius 22:37. Justru sebagai SuperParents kita tidak boleh lupa untuk menyampaikan akhir dari kisah ini, bahwa Tuhan tidak bermaksud agar Abraham benar-benar mempersembahkan Ishak.

Anak harus mengetahui bahwa untuk mengikuti Tuhan berarti kita harus percaya dan taat. Anak juga harus belajar untuk mencari tahu apa kehendak Tuhan dan mengenali ‘suara-Nya’.

 

 Bahtera Nuh

Bukannya semua anak sudah mengetahuinya? Tapi ada beberapa hal sering kita lupa. Kita harus menceritakannya mulai dari hujan, muncullah air bah, orang-orang yang dibinasakan karena memberontak, dan perjanjian Tuhan lewat munculnya pelangi.

Dengan menceritakan hanya separuh cerita, anak jadi hanya terfokus pada penyelamatannya saja dan kurang informasi tentang Tuhan yang menghukum orang-orang yang memberontak. Anak-anak sebenarnya juga harus tahu bahwa kita tidak boleh mengabaikan peringatan Tuhan karena Tuhan pun punya batas kesabaran.

Baca juga : KENAPA TUHAN MARAH DAN MEMBUAT MENARA BABEL HANCUR?

 Daud dan Betsyeba

Perzinahan dan pembunuhan tentunya bukanlah hal yang mudah untuk dijelaskan kepada anak-anak.. SuperParents bisa menggunakan perumpamaan untuk menjelaskan kisah ini. Contohnya seperti ini:

 “Alkisah hidup seorang raja yang sangat kaya dan berkuasa. Apa pun ia miliki. Ia mempunyai puluhan bahkan ratusan mainan mobil-mobilan yang canggih. Suatu hari, ia melihat keluar jendela dan melihat tetangganya sedang bermain dengan sebuah mobil-mobilan paling berharganya, satu-satunya yang ia miliki. Keegoisan dan ketamakan membakar hati raja tersebut, sehingga ia mencuri mainan berharga tetangganya tersebut.”

Dari kisah ini, anak dapat belajar tentang efek dosa. Walaupun Tuhan mengampuni kita saat kita sudah bertobat, Tuhan mungkin mengijinkan kita mengalami konsekuensi atas dosa tersebut. Anak bisa belajar dari Daud dan Betsyeba tentang tanggapan ketika kita berdosa, yaitu jujur (2 Samuel 12: 13).

Sebelum Superparents menceritakan dan membahas bersama Firman Tuhan, berdoalah terlebih dulu. Undanglah Tuhan untuk memberikan kebijaksanaan dan perkataannya lewat kita. (2 Timotius 3: 15-17)

Sumber: crosswalk.com

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK