ARTICLE

Thu - Aug 03, 2017 / 3534 /

15 Fakta Bulan Agustus Yang Mungkin Tidak Pernah Kamu Ketahui (Part 1)

Bulan agustus adalah bulan ketujuh dan bulan yang berada diantara juli serta September. Bulan ini juga merupakan bulan yang meriah di Indonesia karena dibulan ini kita merayakan hari kemerdekaan yang jatuh tepat pada tanggal 17 agustus. Diluar hal itu, seperti bulan lainnya, bulan agustus juga memiliki beberapa fakta yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Apa saja fakta-fakta yang menyangkut bulan agustus? Simak ulasannya beruikut ini!

1. Asal Nama Bulan Agustus

Tahukah kamu darimana kata agustus berasal? Bulan agustus diberi nama sesuai dengan kaisar pertama bangsa Romawi kuno yakni Caesar August. Bulan ini memang didedikasikan untuknya karena dibulan agustus, kaisar Romawi ini mendapatkan kemenangan dan kejayaan besar terutama dalam peperangan. Caesar August sendiri adalah kaisar atau raja pertama bangsa Romawi yang memerintah sejak tahun ke 27 sebelum masehi hingga akhir masa hayatnya yakni tahun ke 14 sebelum masehi.''

 

2. Bulan Keenam Bangsa Romawi Kuno

 

Dalam sejarah bangsa Romawi, bulan agustus adalah bulan keenam dan dahulu mereka menyebut bulan ini dengan sebutan sextilis atau bulan keenam. Hal ini dikarenakan pada saat itu bulan januari dan februari yang merupakan musim dingin tidak dianggap sebagai bulan dan bulan maret adalah bulan pertama dalam kalender mereka. Tadinya bulan agustus hanya memiliki 30 hari kemudian ditambahkan satu lagi agar sama dengan bulan juli yang didedikasikan untuk kaisar Romawi lainnya yakni Julius Caesar.

3. Bulan Terakhir Musim Dingin Dan Musim Panas

 

Di bulan agustus musim panas akan segera berahir dibelahan bumi bagian utara dan diwaktu yang sama musim dingin akan segera berahir dibelahan bumi bagian selatan. Seperti yang kita tahu, bulan agustus adalah bulan ketiga musim panas dan juga bulan ketiga musim dingin dibelahan bumi yang berbeda. Perbedaan musim ini tentunya tidak dialami oleh mereka yang tinggal didaerah beriklim tropis atau yang berada didaerah khatulistiwa seperti Indonesia.

baca juga : 8 Perbuatan Haram yang Tidak Boleh Dilakukan Suami-Istri KRISTEN!

4. Bulan Panen

 

Bulan agustus yang merupakan bulan ketiga musim panas adalah bulan panen dibeberapa negara khususnya dinegara empat musim seperti Eropa dan Amerika. Dibulan ini, masyarakat disana melakukan panen besar sebelum memasuki musim selanjutnya yakni musim gugur. Berbeda dengan negara kita yang bisa panen sepanjang tahun, negara empat musim hanya memiliki waktu yang pendek untuk menanam dikarenakan perbedaan musim dan suhu.

5. Weed Month

 

Bangsa Anglo saxon yang mendiami wilayah Inggris raya atau Great Britain menyebut bulan ini dengan nama weed monath atau bulan ilalang atau tanaman liar. Disebut demikian karena dibulan ini tanaman liar atau ilalang tumbuh sangat subur ditanah atau lahan pertanian sehingga mereka harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menyiangi tanaman tersebut agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman budidaya di sawah atau kebun mereka.

6. Angka Kelahiran Tertinggi

 

Menurut data statistik, bulan agustus adalah bulan dengan angka kelahiran tertinggi didunia termasuk di Amerika Serikat. Bayi yang lahir dibulan ini lebih banyak dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya dalam satu tahun. Entah mengapa tapi sepertinya hal ini juga terjadi di Indonesia, lihat saja fakta bahwa banyak orang yang berulang tahun dibulan ini! Apakah kamu termasuk diantara mereka yang merayakan ulang tahun dibulan agustus?

7. Nama Yang Dilarang Di Islandia

 

Mungkin kamu yang tinggal di Indonesia sudah familiar dengan nama agus atau agustina yang diberikan kepada mereka yang lahir dibulan agustus. Tapi tahukah kamu bahwa nama august adalah salah satu nama yang dilarang untuk diberikan kepada bayi yang lahir di Islandia. Pada tahun 2009, komite pemerintahan di Islandia menyatakan bahwa nama August tidak tepat diberikan kepada anak-anak hingga akhirnya nama tersebut dilarang disana.

 baca juga : 15 Fakta Bulan Agustus Yang Mungkin Tidak Pernah Kamu Ketahui (Part 2)

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK