ARTICLE

Tue - Jul 09, 2019 / 513 / Parenting

10 Hal yang Harus Diperhatikan Orangtua Karena Anak Membutuhkannya

Sebagai orangtua, kita pastinya selalu ingin bisa memenuhi segala apa yang dibutuhkan anak, tapi kadang kita terjebak dalam pikiran kalau anak kita membutuhkan banyak hal. Jangan terjebak pada kebutuhan materi ya SuperParents! Tidak semua yang anak lihat dari temannya, ia juga harus memilikinya lho.

Kenyataannya anak justru sangat membutuhkan 10 hal ini SuperParents.

1. Cinta tanpa syarat dari orangtua

Mereka perlu tahu kalau kita sebagai orangtua selalu mencintai mereka tanpa syarat.

Baca juga : ANAK SULIT MENURUT SAAT DITEGUR, COBA LAKUKAN 7 PENDEKATAN INI

2. Penerimaan orangtua

Apakah anak SuperParents sudah merasakan penerimaan dari orangtuanya atas apa adanya mereka? Atau justru malah SuperParents seringkali masih membandingkan dan tidak puas atas diri anak? Nah, yuk kita ubah pola pikir kita dan tunjukkan kita tetap menerimanya walaupun mereka berbeda.

3. Afirmasi dan pujian

Jika SuperParents tidak puas terhadap sikap anak, cara membuat mereka untuk berubah dan punya kelakuan baik adalah dengan memujinya. Tunjukkan bahwa SuperParents tetap tegas dengan kelakukan anak tapi sekaligus juga mencintainya. Sebagai orangtua, kata-kata yang kita lontarkan bisa memiliki kekuatan lho untuk memberkati atau mengutuk anak. Jadi berhati-hatilah dan selalu doakan mereka agar Tuhan bekerja untuk mengubah hati anak.

Sumber : Unsplash

4. Tegas dengan batasan dan aturan

Walaupun anak sering komplen tentang aturan yang ada di rumah, jika SuperParents punya hubungan yang baik dengan anak, mereka akan mengerti kok kalau batasan dan aturan ini dibuat demi kebaikan mereka. Aturan itu bukanlah masalah, tapi kalau hubungan orangtua dengan anak kurang baik, justru hal ini bisa menjauhkan anak dan membuatnya berontak.

5. Latihan dan disiplin

Inilah tugas kita untuk melatih serta mendisiplinkan anak sesuai dengan Firman Tuhan tentang mana yang baik dan buruk. Parenting sesuai Alkitab itu berfokus pada hati anak, bukannya perilaku. Oleh karena itu penting menggunakan Firman Tuhan sebagai landasan.

Baca juga : BAGAIMANA CARA MENDIDIK ANAK MENJADI PAHLAWAN DARIPADA PENONTON?

6. Pengetahuan tentang Tuhan dan Firman-Nya

Masih berlanjut dari poin 5, kita berkewajiban untuk mengajarkan anak Firman Tuhan secara teratur, membicarakannya setiap hari, dan menghubungkannya dengan kegiatan anak sehari-hari. Inilah pondasi keluarga Kristen.

7. Pelatihan karakter

Cara terbaik SuperParents untuk mempersiapkan anak dalam kehidupannya adalah dengan mengajar, meneladani, dan mendidik anak sesuai dengan karakter Allah.

Sumber : Unsplash

8. Kesempatan untuk gagal

Biarkan anak mencoba berbagai hal baru dan merasakan akibat saat mereka berbuat salah, karena mereka bisa belajar untuk bangkit dan memperbaikinya.

9. Waktu

Hadiah terbaik yang bisa SuperParents berikan kepada anak adalah memberikan waktu kepada anak! Keberadaan SuperParents sangat dinanti mereka lho, apalagi saat Anda mengucapkan : “Mama/Papa mencintaimu dan mengasihimu. Kamu itu penting!”

10. Rumah yang bahagia dan damai

Anak-anak membutuhkan rumah yang membuat mereka nyaman dan bisa menikmati waktu bersama dengan keluarganya. Oleh karena itu, yuk SuperParents kita ciptakan rumah yang sesuai untuk tumbuh kembang anak. Salah satunya dengan tidak berantem di depan anak.

Nah apakah Superparents tahu apalagi hal yang paling dibutuhkan anak selain 10 poin diatas? Boleh di share yaa pada kolom komentar di bawah ini.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK