ARTICLE

Wed - Feb 24, 2021 / 3187 / Inspirational

10 Film Disney Populer yang Mengandung Pesan Alkitabiah Dalam Ceritanya (Part 1)

Sekitar 90 tahunan yang lalu, JRR Tolkien memberi tahu teman barunya, CS Lewis bahwa cerita buatan manusia walaupun masih mengandung kesalahan, tapi mencerminkan juga Sang Pencipta dalam dirinya. Itu bisa terjadi karena manusia diciptakan menurut gambar Tuhan. Dan bagia citra Tuhan dalam diri kita adalah karunia kreativitas.

Bahkan dalam cerita yang ditulis oleh orang-orang non-Kristen pun mengandung pelajaran, pesan, tema tentang kebaikan dan kebenaran. Termasuk juga film. Faktanya beberapa contoh terbaik bisa kita temukan dalam film-film yang disukai oleh anak-anak, yaitu film dari Disney. Nah mau tahu film-film apa saja yang mengandung unsur-unsur Alkitabiah dalam ceritanya? Simak dibawah ini:

Baca juga : ASAL USUL IBLIS YANG MUNGKIN BELUM KAMU KETAHUI

  1. Pete’s Dragon (2016 & 1977)

Film yang di remake tahun 2016 ini memang menawarkan plot yang sedikit berbeda, tapi inti dari film ini tetap sama, yaitu tentang persahabatan, keluarga, dan melindungi yang lebih lemah. Film ini juga mengajarkan tentang meminta maaf dan keyakinan pada sesuatu yang tidak terlihat. “Hanya karena Anda tidak melihat sesuatu, bukan berarti itu tidak benar,” kata Conrad Meacham (Robert Redford) kepada putrinya.

 

  1. Beauty and The Beast(2017 & 1991)

Setujukah kamu kalau kecantikan itu ada di dalam? Nah saat itu Belle jatuh cinta pada Beast karena melihat hatinya, 'Ada sesuatu dalam dirinya yang tidak saya lihat.' Alkitab juga mengajarkan kepada kita bahwa ‘kecantikan’ itu sia-sia (Amsal 31:30). Allah tidak melihat manusia dari luarnya, tapi dari hatinya (1 Samuel 16:7).

 

  1. Dumbo (2019,1941)

Film ini menceritakan gajah yang terlahir aneh karena telinganya yang sangat besar dan terkulai. Tapi ternyata dibalik keanehannya, Dumbo memiliki kelebihan yang luar biasa, yaitu dia bisa terbang! Dari film ini, anak-anak bisa belajar tentang kerjasama, kebaikan, kasih sayang, dan persahabatan. Karakter utama dalam film ini juga memiliki kekurangan, hanya memiliki satu tangan. Tapi kita semua tampak luar biasa di mata Tuhan karena Ia telah memberikan kita kelebihan masing-masing. Superparents bisa menggunakan film ini untuk menggambarkan ‘citra Tuhan’ dalam diri kita.

 Baca juga : 10 AYAT ALKITAB YANG MENGGAMBARKAN BAGAIMANA SEHARUSNYA HIDUP DI MASA AKHIR ZAMAN

  1. Clouds (2020)

Mungkin masih banyak yang belum tahu tentang film ini. Menceritakan tentang remaja laki-laki yang sekarat karena kanker dan mulai menulis lagu di tahun-tahun terakhir hidupnya. Film ini diangkat dari kisah nyata Zach Sobiech, dimana ibunya berdoa agar hidupnya yang pendek dapat berdampak pada orang lain. Doanya terkabul. Kisah ini mengingatkan momin pada perumpamaan tentang talenta di Alkitab.

 

  1. Seri Narnia (2005, 2008, 2010)

Film ini dipenuhi oleh alegori Kristen tentang pengorbanan dan penebusan. Anak kecil yang menonton ini pun biasanya akan tahu bahwa ini menggambarkan kisah Yesus secara implisit dalam Alkitab.

Lanjut ke part 2

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK