ARTICLE

Tue - Apr 24, 2018 / 3911 /

Yuk, Belajar Kembangkan Talenta Anak dari Pemenang Indonesian Idol, Maria Simorangkir

Talenta setiap anak berbeda-beda dan bisa dikembangkan untuk membantunya sukses saat dewasa. Tapi itu semua juga bergantung pada lingkungan, orang tua, dan diri anak itu sendiri. Seperti kata Firman Tuhan tentang perumpamaan talenta di Matius 25: 14-30.

KEMBANGKAN TALENTAMU! Itulah pesan yang kuat bagi kita dari Tuhan. Talenta sendiri menggambarkan tentang kemampuan, waktu, sumber daya, dan kesempatan untuk melayani Allah ketika masih di bumi ini. Talenta dipercayakan Tuhan kepada kita semua agar hidup kita mempunyai tujuan dan harus dipergunakan serta dikelola sebijaksana mungkin.

Barusan saja kita mendengar kabar bahwa Maria Simorangkir menjadi juara pertama Indonesian Idol, sebuah ajang tarik suara bergengsi di tanah air. Ternyata talenta ini sudah dimiliki Maria sejak ia kecil. Terbukti dengan keikutsertaannya dalam ajang serupa untuk anak-anak, Indonesian Idol Junior 2014. Kala itu ia masuk ke dalam nominasi 5 besar, namun sayangnya harus gugur ditengah jalan.

Diakuinya bahwa talenta yang dimilikinya diturunkan dari sang ayah yang juga mempunyai hobi bernyanyi. Sejak kecil, Maria sudah menunjukkan bakat di dunia bermusik. Orang tuanya mendukung dengan memberikannya les vokal dan musik. Ia lihai memainkan piano, gitar, dan biola.

Selain talenta yang sudah ada dan didukung oleh orang tua, ternyata salah satu faktor yang bisa membuatnya menang adalah ia belajar dari kritikan para juri.  Disaat banyak anak yang ‘down’ dan ‘kapok’ saat tantangan bahkan kritikan pedas ada di depan mata, justru Maria menggunakan hal itu untuk belajar dan menjadikannya bahan bakar untuk melesat.  

Dari kemenangan Maria pun, kita sebagai orang tua juga bisa belajar beberapa hal. Pertama, pahami dan perhatikan kesukaan anak. Kedua, biarkan anak mengeksplor kemampuan yang ia miliki, dukung, dan ajarkan dia untuk memperjuangkan talentanya. Ketiga, apabila anak sudah meraih puncak dalam pengembangan talentanya, jangan lupa untuk ajarkan agar tetap rendah hati dan bersyukur kepada Tuhan atas talenta yang sudah Ia berikan kepada anak.

Lalu bagaimana sih caranya kita bisa mengenali talenta yang sudah Tuhan berikan pada anak?

 

1. Semua anak membutuhkan orang tua untuk mengenali bakatnya.

Sumber: Nick Jr. Parents

Orang tua harus membantu anak dengan memperhatikan apa yang anak sukai atau minat mereka. Anak biasanya betah mencari tahu tentang salah satu hal karena memang mereka mempunyai minat akan hal tersebut. Walaupun lelahpun mereka juga akan melakukan kesukaan tersebut. Bisa jadi itu adalah talenta mereka.

 

2. Bangun komunikasi positif bersama anak.

Sumber: flickr

Setelah SuperParents mengetahui kesukaan dan talenta anak, ajak mereka berdiskusi tentang hal tersebut. Tapi ingat ya, jangan sampai terlalu memberikan keleluasaan kepada anak secara berlebihan dan harus dalam batas yang wajar. Agar kita tidak terlalu memanjakan mereka.

 

3. Masih bingung dan belum mengetahui bakat anak? Lakukanlah tes bakat.

Sumber: All About Hearing

Lakukan tes bakat atau psikologi untuk melihat kelebihan dan kelemahan anak. SuperParents juga bisa mengetahui bakat mereka dari tes tersebut. Tes ini dapat dilakukan apabila anak sudah berumur 7 tahun atau saat anak masuk sekolah dasar karena pada usia tersebutlah bakat anak sudah mulai terlihat.

 

4. Pahami dan dukung perkembangan anak.

Sumber: citymagazine.rs

Menurut Dra. Clara Kriswanto, MA, CPBC ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua ketika memberikan les untuk anak, yaitu jangan mengutamakan pencapaian target, serahkan kepada guru yang mengerti perkembangan anak, pastikan anak punya waktu seimbang untuk bermain dan belajar, jangan dipaksakan yang penting anak minat, dan upayakan untuk mengembangkan semua aspek kemampuan anak.

Talenta tidak cukup kalau dari diri anak, lingkungan dan orang tuanya tidak mendukung. Kalau anak terlalu minder dan mudah putus asa, bagaimana ia bisa mengembangkan talentanya? Oleh karena itu, dukungan dari orang tualah yang terpenting. Ajarkan untuk jangan mudah berputus asa dan berikan fasilitas untuk membantunya. (CC)

Sumber: dari berbagai sumber

Baca juga:

ANAK MENDAPAT TEKANAN YANG MEMPENGARUHI IMAN MEREKA? LAKUKAN 5 HAL UNTUK MENYELAMATKANNYA

JANGAN BINGUNG MENENTUKAN METODE PENGAJARAN DI SEKOLAH MINGGU! JAWAB DULU PERTANYAAN INI

ANAK INI MENERIMA BANYAK PUJIAN KARENA RAJIN MEMBANTU DAN PERHATIAN KEPADA KAKEKNYA

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK