ARTICLE

Tue - Jun 21, 2022 / 11435 / Parenting

9 Ayat Alkitab yang Berbicara Tentang Tanggung Jawab Orang Tua (Part 2)

Tidak ada yang tidak mungkin di dalam Tuhan. Ia telah menyediakan segala yang kita perlukan. Termasuk bagaimana petunjuk tanggung jawab untuk kita para orang tua. Sebelumnya sudah dijabarkan 4 ayat yang berbicara tentang tanggung jawab orang tua. Berikut kelanjutannya:

 

Sebelumnya

 

Sumber: Western Seminary

Amsal 3: 5-6

“Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.”

Kita semua tahu kalau kita perlu bersandar kepada Tuhan. Lewat Amsal 3: 5-6, kita diyakinkan untuk mempercayai Tuhan sepenuhnya. Tapi terkadang, alih-alih bersandar kepada Tuhan, kita mencoba memikirkan semuanya sendiri. Akan ada saat-saat dalam hidup kita sebagai orang tua saat kamu bisa membagikan apa yang terjadi saat mempercayai Tuhan dengan hanya separuh hati saja. Itu akan selalu mereka ingat. Kalau kita transparan dengan anak-anak, mereka akan merasa bisa mendatangi kita dan berbagi masalah bersama.

 

Sumber: Benefits Of Volunteering

Efesus 4: 32

“Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.”

Sebagai orang tua, terkadang kita mudah lelah dan tersinggung. Dan semakin besar tanggung jawab yang kita emban, semakin mudah kita lelah. Terkadang kita bisa membentak anak-anak. Dan kadang kala ketika situasi baik, kita pun bersikap baik kepada anak.

Firman Tuhan menyampaikan kepada kita supaya kita berbuat baik, dengan meneladani cara hidup Yesus sendiri. Membuat keputusan untuk bersikap baik, bahkan saat hal-hal menjadi menegangkan akan menunjukkan kepada anak bahwa dia bisa membuat pilihan yang sama. Jadi sebagai orang tua, bersikap lembut lah dan berhati-hati dengan setiap ucapan yang disampaikan kepada anak.

 

Sumber: Boldsky.com

Efesus 6: 1

“Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian.”

Tuhan menghormati ketaatan. Ketaatan bukan Cuma disiapkan untuk orang tua dan anak-anak saja. Dalam ayat ini, anak diminta untuk memathui orang tua. 1 Samuel 15: 22, Tuhan juga menjelaskan bertapa pentingnya ketaatan. Ketaatan bahkan dianggap jauh lebih penting daripada pengorbanan. Ketaatan sangat penting bagi Tuhan. Semakin anak-anak bersikap taat, semakin mudah mereka untuk hidup taat kepada Tuhan. Dan itulah peran orang tua, membesarkan anak-anak yang akan mengikuti dan menaati Tuhan.

 

Sumber: American Institute of Health Care Professionals

Efesus 5: 25

“Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya”

Di sini kita belajar tentang isi hati Tuhan, dimana Dia ingin semua orang tua mengajarkan tentang kasih kepada anak melalui teladan hidup mereka sendiri. Orang tua diberi hak istimewa untuk mengajarkan anak bagaimana mengasihi pasangan. Tuhan mengatakan bahwa pernikahan adalah gambaran tentang bagaimana Kristus mengasihi gereja.

Kehidupan suami istri yang dipenuhi cinta akan menjadi gambaran tentang bagaimana kasih sejati itu. Mereka pastilah akan mengikuti cara hidup orang tuanya. Saat suami menghormati istri dan sebaliknya, anak juga akan belajar bahwa wanita memang harus dihormati. Adalah tugas orang tua untuk menunjukkan kepada anak tentang isi hati Tuhan melalui pernikahan.

 

Sumber: Happify

Kolose 3: 13

“Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.”

Cara terbaik untuk menunjukkan kepada anak tentang pengampunan adalah segera minta ampun sesaat setelah melakukan kesalahan. Tentu saja kita semua pernah berbuat salah. Alkitab bahkan menyampaikan bahwa kita harus saling menanggung beban bersama, saling menerima bahkan atas kesalahan kita.

Karena itulah pengampunan menjadi sesuatu yang bisa diajarkan orang tua kepada anak, saudara, teman dan bahkan diri sendiri. Kita adalah pribadi yang harusnya tidak pantas menerima pengampunan, tapi Tuhan justru mau mengampuni kita. Jadilah teladan soal pengampunan ini kepada anak-anak kita. 

Sebelumnya...

Sumber : Crosswalk.com/jawaban.com

Baca juga:

AJARKAN 10 ETIKA INI KEPADA ANAK AGAR MEREKA MENJADI BERKAT BAGI ORANG LAIN (PART 1)

6 IDE KEREN UNTUK MEMBANGUN SAAT TEDUH KELUARGA MULAI SEKARANG JUGA

BIMBING ANAK UNTUK RAJIN BERDOA DAN BERSAAT TEDUH DENGAN MEMPERHATIKAN HAL-HAL BERIKUT

 

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK