ARTICLE

Mon - Apr 09, 2018 / 1620 /

7 Nasihat Ibu yang Membantu Anak Agar Siap Menghadapi Masa Depan

Sebagai ibu, pastilah ingin yang terbaik untuk anak-anaknya. Apalagi hal yang menunjang masa depan anaknya. Biasanya mereka akan menasihati dengan memberikan beberapa wejangan yang berharga untuk anak.

Kali ini Superbook mau memberitahukan kepada para SuperParents, apa saja sih wejangan yang biasanya diberikan oleh seorang ibu kepada anaknya? Beberapa poin dari Buzzfeed  yang telah menginspirasi Superbook:

 

1. Belajar bilang “Tidak”

Sumber: Irish News

Tidak setiap hal perlu di-iya-kan. Tak ada salahnya bila anak sesekali berkata tidak jika merasa keberatan mengerjakan sesuatu. Terlebih lagi, anak harus belajar bilang tidak pada orang-orang yang cenderung memanfaatkan kebaikan hati mereka. Ingat, ajarkan kepada mereka agar jangan mau menjadi keset yang diinjak-injak orang lain.

 

2. Hidup tidak adil

Sumber: CBN.com

Kadang kehidupan berjalan baik sesuai keinginan, namun sering juga sebaliknya. Saat anak masih kecil terkadang dia belum bisa menerima ketidakadilan yang terjadi di sekitarnya. Misalnya, ada anak yang menakalinya lalu memukul anak kita, ketika ia membalas pukulan anak tersebut ternyata guru akhirnya membuat mereka berdua dihukum. Anak akan mengatakan hal tersebut tidak adil karena temannya yang memulai duluan.

Kenapa dirinya yang menjadi korban harus menerima hukuman juga? Itulah yang akhirnya sebagai SuperParents harus memberikan penjelasan bahwa kehidupan memang seperti itu. Tinggal bagaimana kita bisa melihatnya dari kacamata Kristus. Mungkin anak harus belajar untuk tidak membalas kejahatan dengan kejahatan (Matius 5: 39) dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

3. Kamu sungguh berarti

Sumber: Daily FT

Setiap ibu pasti pernah mengatakan betapa anaknya sungguh berarti dan dibutuhkan. Segala hal dalam diri anak sangat unik dan indah. Tuhan menciptakan semua anak sesuai rancangan-Nya yang sempurna. Jadi bantu anak untuk terus percaya diri.

 

4. Mengampuni orang yang bersalah

Sumber: Crosswalk.com

Sesuai dengan Firman Tuhan yang telah diajarkan kepada umatnya untuk mengampuni orang yang bersalah dan bukan membalasnya, hal itu juga yang perlu diajarkan kepada anak-anak.

Coba ajar anak untuk belajar dari kesalahan orang tersebut, belajar dari perasaan yang muncul dalam diri anak saat orang tersebut melakukan kesalahan. Dengan demikian mereka menyadari untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama, untuk tidak membuat orang lain merasakan sakit hati.

 

5. Coba melangkah keluar dari situasi dan lihatlah dengan kacamata yang lebih luas

Sumber: Stuck On You

Salah satu nasihat Ibu yang cukup penting adalah saat anak menghadapi masalah. Cobalah melangkah keluar dari permasalahan tersebut dan lihatlah dengan kacamata lebih luas. Ajarkan anak juga untuk berdoa dan memohon pertolongan Tuhan dalam menghadapi masalah tersebut.

Misalnya saat mereka mengikuti kursus piano dan begitu tertekan karena tidak bisa menyelesaikan sebuah lagu dengan baik. Lalu, ibu memintanya untuk beristirahat sejenak selama sepuluh menit dan berdoa. Setelah pikiran jernih, anak pun dapat memainkan sebuah lagu tanpa membuat kesalahan.

 

6. Tidak bertanggung jawab atas kebahagiaan orang lain

Jangan pernah merasa bersalah dan tertekan bila orang lain tidak bahagia. Tidak mungkin membahagiakan setiap orang setiap saat.

 

7.Mencintai atau mengasihi dengan tanpa syarat

Sumber: GelukkigerWonen

Seorang ibu selalu mencontohkan tentang cinta tanpa syarat. Entah berapa banyak kesalahan yang dilakukan anak, entah berapa kali sang ibu sakit hati karena perkataan anak, entah berapa banyak airmata yang menetes disebabkan oleh anak, ibu tetap mencintai setulus hati.

Ibu selalu mendahulukan kepentingan anak-anaknya dibanding kepentingannya sendiri. Apa pun yang terjadi, ibu akan selalu ada untuk anak. Sama seperti Tuhan Yesuspun yang sudah terlebih dulu menyontohkan KASIH TERBESAR melalui pengorbanan dan kasih-Nya bagi umat manusia yang berdosa. Sebagai umat Kristiani, Tuhan sendiri sudah memberikan Firman-Nya untuk kita teladani tentang kasih (1 Korintus 13: 1-13). (CC)

Baca juga: 

DISAAT ANAK LAIN BERMAIN VIDEO GAMES, ANAK INI JUSTRU MEMBAHAGIAKAN ORANG LAIN

ANAK INI DITINGGALKAN IBUNYA SAAT AYAHNYA SAKIT KERAS. KINI IA JUSTRU JADI TELADAN KITA!

4 HAL YANG BISA MEMBANTU KELAS SEKOLAH MINGGU MENJADI MENGASIKKAN UNTUK BELAJAR

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK