ARTICLE

Thu - Apr 05, 2018 / 2524 /

Anak Ini Ditinggalkan Ibunya Saat Ayahnya Sakit Keras. Kini Ia Justru Jadi Teladan Kita!

Di Provinsi Zhejiang, China, ada seorang anak laki-laki yang luar biasa, namanya adalah Zhang da. Dia adalah salah satu dari 10 orang  yang telah melakukan hal yang luarbiasa dari antara 1.4 milliar penduduk China.

Tepat pada 27 Januari 2006, pemerintah China di provinsi Jiangxu, kota Nanjung memberikan penghargaan kepada 10 orang tersebut dan salah satunya adalah Zhang Da. Berita ini pun disiarkan secara nasional ke seluruh pelosok negeri.

Kisah ini bermula pada tahun 2001, Zhang Da ditinggal pergi oleh ibunya yang sudah nggak tahan dengan kehidupan mereka yang miskin ditambah lagi sang ayah yang sakit keras. Sejak hari itu, Zhang Da hidup dengan sang ayah yang tak bisa bekerja, tidak bisa berjalan dan selalu sakit-sakitan. Tapi kondisi ini justru membuat Zhang dan mengambil tanggung jawab besar.

Bocah usia 10 tahun ini, harus sekolah, mencari makan untuk dirinya dan sang ayah, dan juga harus menyediakan obat -obatan yang pastinya nggak murah. Memang dia terlalu kecil untuk menghadapi kesulitan ini. Namun hebatnya, dia mampu menjalankan tanggung jawab yang pahit ini dengan luar biasa dan tidak menyerah sama sekali.

Mungkin ada anak yang mengalami kisah seperti ini juga, tapi tidak banyak yang bisa seperti Zhang. Zhang Da memikul hidupnya dengan penuh kesabaran dan harapan.

'Hidup harus terus berjalan, tapi nggak dengan melakukan kejahatan, melainkan memikul tanggung jawab untuk meneruskan kehidupan dengan bapak,' demikian ungkapan Zhang Da ketika berhadapan dengan utusan pemerintah saat diwawancarai.

Zhang Da pergi ke sekolah dengan berjalan kaki dan melewati hutan kecil. Dalam perjalanan itulah dia mencari makanan. Dia memakan buah-buahan, biji-bijian bahkan kadang jamur juga rumput dia coba makan. Setelah pulang sekolah, dia pun bergabung dengan para tukang batu untuk membelah batu besar dan memperoleh upah dari sana. Upahnya lalu dibelikan beras dan obat untuk sang ayah.

Selama 5 tahun, Zhang Da menjalani hidup seperti ini, tapi Tuhan mengasihinya sehingga dia tetap sehat dan merawat sang ayah. Mulai dari menggendong ke WC, menyeka dan memandikan sang ayah, membelikan beras dan bikin bubur untuk ayah, bahkan segala urusan yang seharusnya dilakukan sang ibu, dia lakukan dengan rasa tanggung jawab dan kasih kepada sang ayah.

Kisah ini benar-benar mengajari kita sebuah tanggung jawab dan rasa hormat kita kepada orangtua dan juga Tuhan. Zhang Da juga mengajarkan kita bentuk dari kasih.

Keluaran 20:12 menuliskan :'Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah, yang diberikan  Tuhan Allahmu, kepadamu.'

Firman ini merupakan perintah yang Allah  berikan kepada kita untuk menghormati orangtua kita. Selain itu dalam 1 Korintus 13:4-8 bahwa kasih itu sabar, dan tidak egois. Dia mengasihi sang ayah dengan tak kenal lelah, dia sabar, dan tidak egois.

Sebagai umat Kristen, dalam menjalani kehidupan sehari-hari, sering sekali kita mengabaikan orangtua bahkan orang lain. Egois dan hanya memikirkan diri sendiri. Tuhan bahkan tidak menghendaki ini dilakukan oleh anak-anakNya (kita), Dia ingin kita berdiri dan memiliki rasa tanggung jawab seperti Zhang Da untuk menghormati juga mengasihi orang lain bahkan orangtua sendiri.

Semoga  artikel ini menginspirasi ya!

Sumber: jawaban.com

Baca juga:

SEORANG KAKAK MENGAJARKAN ADIK KECILNYA BERDOA DENGAN CARA SEPERTI INI. BAGAIMANA DENGANMU

WALAUPUN SAKIT PARAH, ANAK INI SANGGUP BERNYANYI “JESUS LOVE ME”

JAMES CORDEN TERHARU MELIHAT VIDEO CARPOOL KARAOKE INI. BAGAIMANA DENGANMU?

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK