ARTICLE

Thu - Nov 09, 2017 / 691 /

Anak Mendadak Berteriak Atau Mengigau Saat Tertidur? Mungkin Dia Mengalami Hal Ini

Apakah anak Anda pernah tiba-tiba menjerit pada tengah malam dan mengigau? Dan saat Anda mencoba membangunkannya, ia tetap saja bertingkah demikian lalu tak lama ia kembali tertidur?

Apa sih yang sebenarnya terjadi? Apakah anak ini mengalami mimpi buruk? Ternyata jawabannya tidak. Menurut seorang member dari National Sleep Foundation di Chicago AS, Stephen Sheldon, M. D., kejadian ini dapat disebut sebagai sleep terrors.  Sleep terrors berarti mengalami gangguan tidur yang dapat terjadi pada malam hari atau ketika tidur siang. Sheldon juga menjelaskan bahwa 'Sleep terrors” merupakan salah satu efek secara parsial yang diakibatkan dari tidur nyenyak. Sehingga sistem bangun otak menyala, namun sistem tidur tidak menyala.

Apa sih yang mengakibatkan terjadinya night terrors?

Biasanya night terrors dimulai ketika anak-anak berusia 18 hingga 24 bulan. Hal ini terjadi karena anak-anak tidur sangat nyenyak, sehingga memungkinkan sesuatu dapat memicu sistem otak bangun mereka tanpa benar-benar mematikan sistem otak ketika tertidur yang membuat mereka berada dalam kondisi terjaga sebagian. Sistem bangun otak ini dapat dipicu oleh stimulus ekstrernal seperti suara bising atau internal seperti demam, stres atau kelelahan. 

Apakah anak-anak pasti mengalami kondisi night terrors ini? 

Hampir setiap anak akan mengalami kejadian ini minimal sekali semasa masa kanak-kanaknya. Beberapa ada yang rentan terhadap kondisi ini dapat mengalami mengigau beberapa kali dalam semalam. 

Bagaimana kita bisa tahu apakah anak ini mengalami night terrors

Biasanya night terrors terjadi pada pertengahan pertama malam hari yang dimulai dengan berteriak. Anak akan mulai berkeringat, meronta, bergumam atau mencoba untuk mengatakan sesuatu. Night terrors berlangsung sekitar 2-5 menit, kemudian, anak-anak akan kembali  tertidur tanpa ingat apapun yang terjadi. 

Apakah Night Terrors berbahaya? 

Walaupun night terrors terdengar sangat menakutkan bagi orang dewasa, namun tidak berbahaya bagi anak-anak. 'Night terror itu normal dialami oleh anak-anak, jadi tidak berbahaya atau menyebabkan kerusakan otak.' Kata Sheldon. 

Bagaimana sikap kita sebagai orang tua ketika anak-anak mengalami night terrors?

Walaupun terdengar sangat memungkinkan untuk membangunkan anak yang sedang mengalami night terrors, namun sebenarnya hal ini sulit untuk dilakukan. ' jika orang tua justru mencoba untuk membangunkan anak-anak, night terrors bisa menjadi lebih buruk lagi. Anak-anak bisa mencoba untuk mendorong, menendang, berkata 'tidak, tidak' atau melawan orang tuanya.' terang Sheldon. Yang perlu dilakukan orang tua adalah untuk memastikan anak-anak aman, tidak beresiko terjatuh dari tempat tidur atau menyakiti dirinya sendiri. 

Bisakah Night Terorrs dicegah? 

Tidak juga, dalam beberapa kondisi seperti sedang demam, stres atau kurang tidur dapat menyebabkan anak-anak mengalami night terrors. Biasanya, kemungkinan anak-anak untuk mengalami night terrors akan menurun seiring dengan usia anak-anak. Namun jika night teror terjadi terus menerus, kita juga disarankan untuk menghubungi dokter anak.

Night terrors bisa menjadi berbahaya jika orang tua tidak aware. Ada banyak upaya pencegahan agar anak-anak tidak mengalami night errors, misalnya menciptakan suasana yang tenang sebelum tidur. Berdoa kepada Tuhan Yesus bisa dijadikan upaya orang tua dalam menciptakan suasana tenang tersebut. 

Sumber : Jawaban.com

Baca juga:

BENAR TIDAK YA MEROKOK ITU DOSA?

INI LHO 15 ILUSTRASI YANG MENGGAMBARKAN RASANYA JADI BAPAK

JANGAN UCAPKAN 8 PERKATAAN INI KARENA BISA MENJATUHKAN MENTAL ANAK!

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK