ARTICLE

Mon - Nov 06, 2017 / 5166 /

4 Tips Menjadi Ibu Sesuai dengan Firman Tuhan

Apa pendapat Anda tentang peran seorang ibu? Seorang sejarawan terkenal Amerika, Washington Irving, mengatakan 'Ibu adalah sahabat sejati, hanya ibulah yang tetap bersama kita dalam semua kesusahan, kesedihan dan saat tergelap dalam hidup kita.'

Dalam kehidupan ini, sosok atau figur seorang ibu memiliki peran sangat penting dalam perkembangan mental serta emosional seseorang. Ibu digambarkan sebagai sosok malaikat yang nyata dalam kehidupan seorang manusia, kasih sayang dan kelemahlembutannya tak tergantikan oleh apa pun. Lalu bagaimana ya menjadi seorang ibu sesuai dengan Firman Tuhan?

 

1. Ibu harus selalu ada untuk anak-anaknya, kapanpun anak membutuhkannya.

Ulangan 6:7

Haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarkannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.”

 

2. Ibu = sahabat anak.

Mengajak anak berinteraksi dan terlibat satu sama lain dalam aktivitas sehari-hari dengan penuh kasih sayang. Ajak anak sesekali berdiskusi sambil mengajar mereka tentang kehidupan yang sesuai dengan Firman Allah. Contohnya: membaca Alkitab bersama, bernyanyi pujian bersama, ajak terlibat dalam memberi bantuan kepada saudara panti asuhan yang sedang membutuhkan, minta maaf jika salah, dan banyak hal lainnya.

Mazmur 34: 11

 ”Marilah anak-anak, dengarkanlah aku, takut akan Tuhan akan kuajarkan kepadamu!”.

 

3. Menuntun dan mengembangkan kemampuan anak.

Ajarkan anak dan tuntun dia menemukan kekuatannya serta dukung dia dalam mengembangkan keterampilannya. Dalam hal ini, orangtua sangat berperan penting namun karena suami lebih indentik dengan bekerja diluar rumah, ibu menjadi satu-satunya sosok yang lebih memperhatikan ini dan mengatasinya dengan baik. Misalnya memberikan pelajaran tambahan sesuai keinginan dan talenta anak, memberikan pengertian kepada suami agar ikut mendukung anak dalam hobi, menonton anak ketika mereka mempertunjukkan kemampuannya, dan hal lainnya.

Amsal 22:6

“Didiklah anak muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.”

 

4. Menjadi teladan bagi anak.

Apa yang orang tua lakukan dan akan menjadi contoh teladan bagi anak. Oleh karena itu, hendaknya sebagai orang tua tunjukkan sikap ataupun perilaku yang patut untuk anak teladani agar tidak menjadi batu sandungan anak kedepannya. Jangan pernah ajak anak untuk ikut berbohong dengan Anda, misalnya pada saat Anda tidak mau diganggu kemudian meminta anak untuk mengatakan kepada orang lain bahwa Anda sedang sakit. Katakan hal sejujurnya dan berikan penjelasan untuk anak ya.

Amsal 10:9

 “Siapa bersih kelakuannya, aman jalannya, tetapi siapa berliku-liku jalannya, akan diketahui.”

 

Memang menjadi ibu yang baik dan sempurna itu tidak mudah. Tapi jika Anda ingin mempunyai anak yang taat akan Tuhan tentunya Anda juga mau berusaha untuk menghidupi Firman Tuhan dalam kehidupan Anda bukan? Demikian yang perlu kamu renungkan dan lakukan supaya tetap menjadi ibu yang baik bagi anak-anakmu. Sekiranya Tuhan selalu menyertai para ibu semua.

Sumber: Jawaban.com

Baca juga: 

3 HAL PENTING YANG DAPAT MENOLONG SINGLE PARENTS

AYO AJARKAN HAL INI KEPADA ANAK SEBELUM MEREKA BERUSIA 10 TAHUN!

SUPERPARENTS WAJIB MENDONGENGKAN 3 KISAH ALKITAB BERIKUT PADA ANAK

 

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK