ARTICLE

Wed - Nov 01, 2017 / 4265 /

Ayo Ajarkan Hal ini Kepada Anak Sebelum Mereka Berusia 10 Tahun!

Ketika SuperParents atau SuperTeacher menjadi orang tua, Anda bertanggung jawab pada masa depan anak. Semua orang ingin agar anaknya baik, jujus, simpatik, dan berani. Namun kualitas ini tidak datang begitu saja. Didikan yang baik dan menjadi contoh adalah kunci suksesnya. Kali ini kami akan membeberkan kepada SuperParents tentang 10 hal penting yang perlu disampaikan kepada anak sebelum mereka berumur 10 tahun:

1. Ajarkan bahwa mereka harus menghormati perempuan juga laki-laki karena mereka setara.

Menghormati orang lain adalah nilai penting yang harus anak SuperParents peroleh, termasuk anak seumurannya tidak memandang gender.

 

2. Jangan takut untuk melakukan kesalahan.

Belajar dari kesalahan orang lain adalah kemampuan yang langka. Penting juga jika anak-anak belajar dari kesalahan mereka sendiri. Berikan pemahaman kepada mereka agar tidak takut kalah atau membuat kesalahan.

 

3. Pengetahuan lebih penting daripada nilai.

Terkadang orang tua bisa sangat marah apabila anaknya tidak mendapatkan nilai sesuai dengan ekspektasi mereka. Lagipula, nilai yang tinggi tidak selalu berarti punya pengetahuan yang baik. SuperParents harus mengajarkan anak Anda bahwa pengetahuan lebih penting daripada nilai mereka.

 

4. Orang tua bukan musuh anak, mereka bisa menjadi teman yang baik.

Menjadi teman bagi anak Anda bukanlah perkara yang mudah, apalagi jika mereka sudah memiliki teman atau sahabat. Jangan terlalu memaksa mereka. Tunjukkan jika Anda mudah dipercaya, cobalah untuk tidak berteriak ke anak, dan menguliahi mereka.

 

5. Ajarkan untuk selalu siap dalam membela diri sendiri.


Beberapa orang tua menunjukkan hormat yang lebih kepada guru atau orang lain dibanding kepada anak mereka sendiri. Inilah yang menjadikan anak merasa tidak aman dan merasa tidak percaya diri ketika membela dirinya sendiri di masa depan. Jelaskan kepada anak SuperParents bahwa menghormati itu memang penting, tetapi kemampuan untuk membela diri adalah hal yang mereka perlukan juga. Pastikan Anda dapat menyampaikannya dengan baik dan benar.

 

6. Jangan melakukan apa yang anak-anak tidak suka karena pengaruh orang lain.

Anak-anak biasanya berpikir popularitas diantara teman-temannya adalah hal yang penting, dan mereka akan berusaha untuk mendapatkannya. Gunakan kasus Anda sebagai contoh untuk anak untuk menjelaskan bahwa bersikap jujur dan menghormati orang lain lebih berharga dibanding mengikuti orang lain demi mendapatkan popularitas.

 

7. Jika tidak mengerti, bertanyalah.

Bertanya adalah hal yang normal. Lebih baik bertanya daripada berpura-pura mengerti semuanya. Masa kecil merupakan saat yang tepat untuk mengetahui hal ini.

 

8. Beri tahu guru jika anak merasa tidak enak badan.

Ajarkan anak agar tidak takut dalam mengutarakan kesehatan mereka. Kesehatan lebih penting daripada nilai  atau kemarahan guru. Pastikan anak mengetahui dengan baik hal ini.

 

9. Menghargai alam.

Seberapa sering kita mengeluhkan tentang banjir, jalanan atau lingkungan yang kotor, dan hal lainnya? Menghargai alam harus dimulai dari rumah. Mulailah dengan diri Anda sendiri ya, lalu tularkan kebiasaan ini kepada anak. Dalam kasus ini, hasilnya akan cukup nyata.

 

10. Belajar untuk mengatakan tidak.

Ajarkan anak untuk berkata “tidak” kepada orang dewasa,  guru, dan bahkan Anda sendiri. SuperParents pastinya ingin membesarkan anak yang mempunyai kepribadian yang kuat, bukan orang yang menuruti semua perintah. Kemampuan untuk berkata “tidak” akan berguna ketika mereka dewasa. (CC)

Sumber : Brightside

Baca juga: 

ANAK SUKA MENONTON KARTUN? SEBAIKNYA ANDA PERLU PERHATIKAN 13 KARTUN INI

4 TIPS MENJADI GURU SEKOLAH MINGGU YANG KEREN

ANAK TAKUT SETAN? SUPERPARENTS AJARKAN 7 AYAT INI KEPADA ANAK

 

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK