ARTICLE

Fri - Nov 03, 2017 / 3772 /

3 Hal Penting yang Dapat Menolong Single Parents

Menjadi orang tua memang bukanlah tugas yang mudah. Selain harus berpikir kedepan bagaimana menafkahi keluarganya, harus juga berpikir perkembangan anak kedepannya. Bagi sepasang orang tua saja sudah begitu pusing apalagi hal ini dialami hanya oleh seorang orang tua atau single parent.

Jika single parent terlalu fokus dengan perekonomian keluarga, anak bisa kekurangan kasih sayang dan kurang mendapatkan influence dari orang tua. Tapi bagaimana juga hidup jika single parent terlalu berfokus memberikan kasih sayang dan pendidikan ke anak? Oleh karena itu, inilah hal yang yang dapat menolong para single parents untuk menjadi pembimbing dalam pertumbuhan anak-anak Anda:

 

Jaga Anak-anak Dalam Doa.

Anda mungkin tidak sepenuhnya memiliki waktu setiap hari bersama anak-anak, tidak selalu mengetahui apa yang dipikirkan oleh mereka, dan masalah apa yang tengah dihadapi mereka saat ini. Berdoa adalah hal yang paling tepat dan harus Anda lakukan untuk mereka. Biarkan Tuhan sepenuhnya menjagai mereka bahkan saat Anda ada dan tidak ada disisi mereka, biarkan Tuhan memberikan mereka damai sejahtera dan pikiran yang terbaik.

Bila perlu , jangan hanya melakukannya seorang diri. Ajak mereka sesekali berdoa serta bernyanyi memuliakan Tuhan diruang rumahmu. Doa bahkan bisa memindahkan gunung, saat kita berupaya berdoa dalam kehendakNya. Kasihilah anak-anakmu tanpa syarat dan izinkan Tuhan melengkapi perananmu sebagai orangtua tunggal untuk anak-anakmu.

1 Yohannes 5:14-15

 “Dan inilah keberanian percaya   kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya ,Dan jikalau kita tahu, bahwa Ia mengabulkan apa saja yang kita minta, maka kita juga tahu,bahwa kita telah memperoleh segala sesuatu yang telah kita minta kepada-Nya. “

 

Carilah Nasehat dan Bersosialisailah dengan Komunitas Kristen.

Menyibukkan diri dengan mengurus anak-anak dan pekerjaan memang menguras energi, hal itu tidak menutup kemungkinan membuat kita merasa sendiri dan lelah sekali. Menyendiri dirumah justru akan memperburuk hatimu dan suasana, bahkan anak-anakmu bisa menjadi pelampiasan semuanya.

Saatnya untuk mencari komunitas Kristen dan menemui orang-orang terbaik yang Anda percaya dan bisa memberimu nasehat. Mengurus anak dengan cara sendiri tidak bagus, ajaklah anak-anakmu gabung dalam sebuah komunitas Kristen dan ajarkan mereka dengan nasehat-nasehat para hamba Tuhan, berikan ruang untuk bertukar pikiran karena itu tidak hanya menguntungkan dirimu tetapi juga demi pertumbuhan anak-anakmu.

 

Fokuslah Kepada Anak-anakmu

Tugas sebagai orangtua adalah mempersiapkan anak-anak bertumbuh dewasa dan melepaskannya suatu saat. Dalam hal mempersiapkan anak, sebagai orangtua tunggal kita dituntut untuk fokus kepada anak. Anda tidak memiliki pasangan yang bisa Anda kerahin untuk mengurus anak-anak sedangkan Anda sibuk bekerja, oleh karena itu pilihannya adalah Anda sendiri yang harus fokus kepada mereka. Menyisihkan waktu untuk mereka sebisa mungkin dan membangun komunikasi yang dekat dengan mereka.

Mungkin saat ini, Anda cukup menderita tetapi biarkan Yesus menjadi kepala atas keluargamu. Hal ini akan membantumu menjadi sosok yang kuat dan akan melihat kemuliaan Allah dinyatakan atas keluargamu.

Roma 8:18

Sebab aku yakin, bahwa penderitaan zaman sekarang ini  tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita.” 

 

Sekali lagi, mengasuh anak sendirian memang sebuah situasi yang sulit. Namun kita harus mengingat bahwa tanggung jawab kita sebagai orang Kristen adalah menunjukkan kasih Kristus yang tanpa syarat kepada orang lain dan terutama kepada anak-anakmu.

Tetaplah hidup di dalamNya, karena cintaNya tidak pernah gagal, dan cinta akan mengusir kekuatiran juga ketakutan.

Sumber: Crosswalk & Jawaban.com

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK