ARTICLE

Tue - Aug 15, 2017 / 5202 /

Bangun Rasa Nasionalisme Anak Lewat Lomba 17 Agustusan ? Kok Bisa ?

Perlombaan 17 Agustus adalah agenda rutin yang diadakan hampir seluruh warga Indonesia. Hal ini untuk mengingatkan sejarah kemerdekaan, menghargai jasa pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan, serta membangkitkan kembali semangat nasionalisme.

Acara 17 Agustusan tinggal beberapa hari lagi, mungkin kakak-kakak guru sekolah berusaha mengemas acara perlombaan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI dengan cara yang meriah, efisien, mendidik sekaligus membangun rasa nasionalisme dalam diri anak-anak sekolah minggu yang juga sebagai generasi penentu masa depan bangsa Indonesia.

Berbagai Macam Lomba 17an untuk Anak yang Mendidik

Lomba yang diikuti oleh anak pastinya bermacam-macam, namun ada baiknya apabila Anda mengikut sertakan mereka ke dalam lomba-lomba yang juga mengandung konsep belajar di dalamnya. Lalu, apa saja lomba 17an untuk anak yang mendidik? Berikut adalah contohnya:

1. Lomba Cerdas Cermat Bertema Sejarah Kemerdekaan.

Cerdas cermat memang jenis perlombaan yang sering menjadi uji kecerdasan dan ketangkasan anak-anak. Lomba ini memang diadakan tidak hanya pada saat perayaan hari kemerdekaan.

Jenis lomba yang satu ini memang cocok menjadi lomba 17an untuk anak karena bersifat mendidik dan juga melatih untuk sering memperkaya wawasan mereka. Lomba yang diadakan dengan tema sejarah kemerdekaan tentu tidak hanya mendidik, tetapi juga membuat anak mengerti sejarah kemerdekaan dan meningkatkan semangat nasionalisme.

 

2. Lomba Menghafal Teks Proklamasi dan Pancasila

Lomba menghafal teks proklamasi dan pancasila ini bisa dijadikan salah satu lomba 17an untuk anak yang tidak hanya mendidik tetapi membuat anak memahami dan menghayati arti proklamasi dan pancasila.

Anak-anak akan tertantang untuk berusaha dengan cepat menghafal teks proklamasi dan pancasila dengan adanya lomba ini. Jadi, selain bisa menumbuhkan rasa patriotisme dan cinta tanah air, secara tidak langsung lomba ini juga dapat meningkatkan daya ingat anak-anak.

3. Lomba Memerankan Drama Memperebutkan Kemerdekaan

Mengadakan lomba yang satu ini tentu sangat menarik. Bagaimana tidak? Anak-anak akan memerankan drama tentang memperebutkan kemerdekaan tentunya ini akan membuat anak menghayati peran pahlawan yang ia lakoni.

Maka, lomba ini tidak saja membuat anak lebih berani tampil di hadapan publik, tapi juga membuat perasaannya lebih menghargai dan menghormati jasa pahlawan serta adanya semangat nasionalisme.

4. Lomba Menyanyi Lagu Nasional dan Daerah

Lagu nasional dan daerah saat ini di beberapa tempat mulai jarang terdengar dilantunkan oleh anak-anak. Anak-anak seringkali lebih menyukai menyanyikan lagu yang bertema umum, dewasa maupun yang berasal dari luar negeri.

Dengan diadakannya lomba menyanyi lagu nasional dan daerah ini, anak akan mulai berusaha menghafal liriknya, memahami artinya, kemudian mengetahui kondisi saat lagu ini dibuat, yang dapat mendidik anak agar lebih mencintai lagu-lagu tanah air.

5. Lomba Membuat Kesenian Bertema Kemerdekaan

Membuat pertunjukkan kesenian ataupun sebuah karya seni bisa menjadi salah satu jenis lomba 17an untuk anak yang mendidik dan melestarikan seni budaya Indonesia. Anak-anak bisa membuat kesenian bertema kemerdekaan dengan berbagai cara.

 

Misalnya, membuat seni lukis bertema kemerdekaan, karya seni dari bahan daur ulang yang mencerminkan budaya Indonesia, ataupun membuat koreografi berdasarkan lagu-lagu nasional yang dimiliki oleh Indonesia.

Aneka lomba 17an untuk anak di atas tidak hanya memeriahkan perayaan kemerdekaan tetapi juga mendidik anak untuk memahami sejarah kemerdekaan, melestarikan budaya, dan meningkatkan nasionalisme.

Sumber : futuready.com

 

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK