LATEST ARTICLE

Ini Dampak Negatif Jika Orangtua Salah dan Sulit Minta Maaf Pada Anak


  • 372
Sumber : Google

Seperti halnya sifat manusia, orang tua pun tidak luput melakukan kesalahan dalam hidupnya, termasuk dengan sang anak. Mayoritas kesalahan orangtua disebabkan ketidakpahaman, salah pengertian, berpikir negatif, terlalu sibuk dengan pekerjaan ataupun memaksakan kehendak pada anak.

Bukanlah hal yang mudah bagi orang tua untuk meminta maaf kepada anak saat ia melakukan hal yang salah. Bahkan, tak jarang orang tua yang enggan mengucapkan maaf karena takut kehilangan wibawa sebagai orang tua. Padahal ada dampak negatif yang dialami anak saat orang tua tak mau mengucapkan kata maaf, yakni :

1.  Anak akan sulit percaya kepada orang tuanya sendiri ataupun orang lain.

2.  Anak akan mengalami krisi percaya diri.

3.  Anak tidak dapat mengendalikan diri dan emosinya.

4.  Akan merasa tidak diperhatikan dan tak dihargai.

5.  Kerap anak akan merasa sedih, sensitif atau cepat tersinggung.

Dampak negatif tersebut akan berdampak langsung pada anak. Oleh, karena itu, disarankan agar orang tua jangan malu-malu untuk mengucapkan maaf kepada sang buah hati jika memang melakukan salah. Tak perlu khawatir, Anda akan kehilangan wibawa jika meminta maaf kepada sang anak. Malah sebaliknya, ada dampak positif ketika Anda meminta maaf pada anak bagi perkembangannya, sebagai berikut :

Pertama, Jadi Panutan

Orang tua adalah sosok panutan juga teladan untuk anak-anaknya. Bahkan umumnya, anak akan meniru apa yang dilakukan oleh orang tua sendiri, termasuk meminta maaf. Kelak saat ia melakukan kesalahan, sang anak juga tak malu dan berterus terang untuk meminta maaf. Anak akan memahami bahwa meminta maaf bukan karena lemah tetapi menghormati orang lain.

Kedua, Belajar Bagaimana Melakukannya

Saat melihat orang tua meminta maaf, mengakui kesalahan dengan segala ketulusan. Di usia anak-anak cenderung lebih intuitif daripada orang dewasa dan tanpa sadar mengamati perilaku orang tua mereka.

Ketiga, Menambah Kedekatan Antara Anak dan Orang Tua

Dengan menerima kesalahan berarti menunjukkan bahwa orang tua sudah memperlakukan anak mereka seperti seorang teman. Hal tersebut rupanya akan sangat dihargai oleh anak. Tak hanya itu, mereka juga bahkan akan belajar bahwa orang tua bukanlah sosok yang ditakuti dan membuat mereka menjadi tidak nyaman. Dengan demikian, saat sang anak kelak mengalami suatu masalah ia akan tak segan akan langsung bercerita kepada Anda.

Karena itu, sangat penting sebagai orang tua, ketika Anda berani mengajarkan anak untuk mengucapkan maaf ketika melakukan kesalahan dengan siapa pun, Anda pun harus memberi contoh yang baik dengan bersikap tidak pernah malu mengucapkan maaf kepada anak.

 

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com

 

3.226

GEREJA

197.726

ANAK

2465

SPONSOR

Copyright © 2016. SUPERBOOK