TESTIMONY

Tue - Jan 29, 2019 / 344 / SUPERSTORY

Ingin Diperlakukan Bak Raja

Suka membantah orang tua, tidak mau menolong, dan pembangkang, itulah gambaran Feniks Yustian Putra (10 tahun). Anak pertama dari dua bersaudara ini lebih suka bermain bersama teman-temannya dan menonton televisi. Orang tuanya hanya bisa mengelus dada melihat kelakuan anak yang dikasihinya tersebut.

Feniks seringkali mengacuhkan ibunya setiap diminta tolong. Ia juga dikenal sebagai anak yang kurang menghargai dan menghormati orang disekitarnya. Secara pribadi, ia sering merasa dirinya seperti seorang raja yang harus selalu dilayani.

Pernah suatu kali Feniks mengeluarkan kata-kata yang tidak seharusnya diucapkan anak seumurannya. “Lebih enak jadi orang besar yang punya kedudukan. Bisa memerintah sesuka hati kepada orang-orang biasa. Semua keperluan ada yang menyediakan, jadi nggak perlu repot-repot lagi.

Hari Sabtu, seperti biasanya Feniks mengikuti sekolah minggu di Gereja Kristen Sumatera Bagian Selatan (GKSBS) Pagar Jaya, Tulang Bawang, Lampung. Ketika itu, guru sekolah minggunya membawakan materi Superbook tentang kisah Raja Pembasuh Kaki.

Materi tersebut menjelaskan tentang pelayanan Yesus Kristus yang mau melayani murid-muridnya dengan rendah hati. Hal itu ditunjukkan Yesus dengan membasuh kaki para murid. Guru sekolah minggunya kemudian mengajak anak-anak untuk mengucapkan isi dari ayat Filipi 2:3 secara bersama-sama, bunyinya “Dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri.

Feniks akhirnya menyadari bahwa perbuatan-perbuatannya selama ini tidak sesuai dengan firman Tuhan. Feniks terkadang menganggap dirinya bak raja sehingga ia tidak mau dimintai tolong ataupun membantu pekerjaan rumah, dan lebih memilih berbantahan dengan ibunya.

Usai penyampaian firman Tuhan, Feniks mulai berkomitmen mau berubah. Sekembalinya dari gereja, ia meminta maaf kepada ibunya atas kesalahannya selama ini. Ia pun mulai ikut membantu pekerjaan orang tuanya untuk membersihkan rumah, menjaga adik dan lain-lain.

Semuanya itu dilakukan untuk meneladani sifat kepemimpinan Tuhan Yesus yang rendah hati, menghargai, menghormati sesama dan mau melayani orang lain.

Halomoan Hutabarat

Fasilitator Superbook - Tulang Bawang
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK