ARTICLE

Thu - Sep 06, 2018 / 1054 / Inspirational

Siap-siap Menderita Penyakit Ini Jika Tidak Bisa Mengendalikan Emosi

Kesehatan merupakan hal yang paling penting dalam hidup manusia karena jika kita sehat, kita bisa melakukan pekerjaan apa saja. Kalau dulu sering terdengar pepatah “sehat itu mahal”, agaknya sekarang lebih tepat “sakit itu mahal”.

Kalau sedang sakit, kita harus melakukan berbagai upaya untuk menjadi sembuh dan sehat. Perlu diingat, harga sekali periksa ke dokter dan beli obat sekarang tuh mahal loh! Kalau sehat kan kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli obat-obatan.

Tahu nggak, ternyata jika tubuh kita mengalami suatu penyakit, bisa jadi karena keadaan jiwa kita juga sedang tidak stabil. Masih ingat dengan pepatah “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”? Faktor terbesar penyakit yang kita alami disebabkan masalah spiritual 50%. Sisanya karena masalah psikis 25%, sosial 15%, dan malahan faktor fisik hanya sebesar 10%. Hal ini diteliti oleh para profesor loh!

Baca juga: 12 Kata yang Harus Kita Ketahui Karena Tidak Terungkapkan Oleh Anak

Alasan Kenapa Kalau Kita Lapar Jadi Gampang Emosi dan Kaitannya dengan Puasa Kristen

Berikut ini dijelaskan beberapa contoh keadaan jiwa yang menyebabkan tubuh kita sakit

1. MARAH selama 5 menit menyebabkan sistem imun mengalami depresi selama 6 jam

2. DENDAM & MENYIMPAN KEPAHITAN menyebabkan imun tubuh kita mati yang menjadi awal segala penyakit seperti stress, kolesterol, hipertensi, serangan jantung, rematik, dan beberapa penyakit penyumbatan pembuluh darah.

3. STRESS dapat membuat kita mengalami gangguan pencernaan.

4. KHAWATIR akan membuat kita mudah terkena nyeri punggung.

5. MUDAH TERSINGGUNG bisa menyebabkan insomnia.

6. KEBINGUNGAN, maka kita akan terkena gangguan tulang belakang bagian bawah.

7. TAKUT BERLEBIHAN membuat kita rentan mengidap penyakit ginjal.

8. EMOSI & cenderung PEMARAH maka kita bisa rentan terhadap penyakit hepatitis.

Keadaan jiwa seperti yang digambarkan di atas sering kita alami karena dianggap sepele dan wajar, kan? Tapi ternyata membawa dampak yang cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Sumber: Post from the Path

Untuk menghindari semua penyakit tersebut, milikilah pikiran positif. Berpikir positif akan membantu memelihara kestabilan jiwa dan menghindari pikiran-pikiran buruk yang belum tentu benar.

Alkitab juga punya jawabannya. Seperti yang dikatakan di dalam Amsal 17:22, kita butuh “hati yang gembira” yang bisa menjadi obat yang manjur.

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

Tags :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK