ARTICLE

Thu - May 31, 2018 / 2461 / Inspirational

Yuk Belajar Menyemangati dan Mendukung Teman Melalui Firman Tuhan dan Permainan Keren

Sekolah minggu bisa lho bukan hanya menjadi tempat anak belajar Firman Tuhan, tapi mereka juga belajar nilai-nilai sosial. Salah satunya menyemangati teman-temannya. Betapa menyenangkannya jika anak-anak sedari dini sudah bisa saling peka dan mengasihi temannya, apalagi mereka mendorong serta mendukung teman yang sedang berjuang.

Nah agar sekolah minggu kakak SuperTeacher besok makin seru, Superbook punya permainan keren yang bisa kakak SuperTeacher lakukan. Lewat permainan ini, anak bisa belajar untuk bekerjasama, mendukung dan menyemangati teman-temannya. Judulnya:

 

Hidung Kapas

Bahannya:

 

Alkitab, lakban berwarna, double tape atau selotip, bola-bola kapas, meja, dan piring kertas.

 

Baca juga: INI CARA KEREN BAGI GURU SEKOLAH MINGGU YANG MAU MENGAJARKAN TENTANG KERJA SAMA

 

Cara bermain:

Sumber: pinterest

Bagi anak menjadi beberapa kelompok yang berisi 5 – 8 anak. Taruhlah double tape pada hidung masing-masing anak. Setiap kelompok akan mendapatkan masing-masing piring yang berisi beberapa bola-bola kapas dan piring kosong. Piring yang berisi bola-bola kapas akan ditaruh diatas meja. 3 meter dari meja tadi, taruh meja lagi dengan piring kosong tadi diatasnya. Berikan batas garis mulai dan selesai dengan lakban berwarna.

Pada permainan ini, setiap kelompok akan berlomba memindahkan bola-bola kapas miliknya ke piring kosong yang ada diseberangnya. Anggota dari masing-masing kelompok akan secara bergantian memindahkan bola kapas dengan hidung, jadi mereka menundukkan wajahnya dan menempelkan bola kapas ke hidungnya.

 

Pengantar sebelum mulai:

Sumber: Dreamstime.com

Bacalah 1 Tesalonika 5: 11, “Karena itu nasihatilah seorang akan yang lain dan saling membangunlah kamu seperti yang memang kamu lakukan.”

Katakan kepada anak-anak, “Ayo kita bermain dan berlatih untuk saling memberikan semangat kepada teman-teman kita. Ini adalah lomba estafet. Memindahkan bola kapas ini dengan hidung dari piring yang penuh ini, ke piring kosong di seberangnya. Satu orang hanya bisa memindahkan bola kapas sekali saja. Kalian sudah mengerti semua? Jadi semangatilah teman-teman kalian yang sedang memindahkan bola kapasnya ya. Bisa dengan meneriakkan kata semangat, bertepuk tangan, atau memuji dia.” Mulailah permainan!

 

Baca juga: 6 HAL YANG PERLU GURU SEKOLAH MINGGU SAMPAIKAN KEPADA ANAK TERKAIT AKSI TEROR

 

Setelah permainan selesai:

Tanyakan kepada anak-anak, hal apakah yang membuat mereka bersemangat melakukan pertandingan tersebut? Bagaimana cara mereka mendukung dan menyemangati teman-temannya? Dan yang terakhir, bagaimana mereka mengaplikasikan hal ini saat mereka kembali ke dunia pertemanan, keluarga, sekolah, dan lingkungannya?

Nah mengasikkan banget kan kak bisa belajar firman Tuhan sambil melatih sikap sosial anak. Apalagi kalau belajarnya sambil bermain. Selamat melayani ya kakak-kakak. Tuhan Yesus memberkati. (CC)

Sumber: childrensministry.com

Contasia Christie

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK