ARTICLE

Mon - May 14, 2018 / 4877 /

6 Hal yang Perlu Guru Sekolah Minggu Sampaikan Kepada Anak Terkait Aksi Teror

Jangan takut pada teror. Semakin tersebar berita yang mengintimidasi dan menakut-nakuti tandanya mereka sudah berhasil mempengaruhi kita. Apalagi anak-anak. Mereka masih begitu mudah dibentuk sehingga dapat dengan mudah menyerap berbagai informasi. Kita perlu membantu mereka untuk memahami kondisi saat ini.

Saking sadarnya pemerintah hal ini, Kemdikbud kemarin menyebarkan bagaimana seharusnya tenaga pendidik, termasuk guru sekolah minggu tentang cara membicarakan kejahatan terorisme ini kepada anak. Berikut ulasannya:

Sumber: Superbook

1. Sediakan waktu bicara pada anak sekolah minggu (ASM) tentang kejahatan terorisme ini. Anak bisa menjadikan guru sekolah minggu (GSM) sebagai tempat mencari informasi dan pemahaman tentang apa yang sedang terjadi. Perlu diingat juga agar jangan membuka ruang pada rumor, isu, dan spekulasi.

Jadi para GSM bersiaplah kalau kakak bakal ditanyakan berbagai hal oleh anak-anak. Oleh karena itu, himpun informasi yang sudah terbukti kebenarannya. Dan jangan buat takut anak dengan pernyataan yang meresahkan.

2. Beri kesempatan anak untuk mengungkapkan perasaannya tentang tragedi / kejahatan yang terjadi. Nyatakan dengan jelas dukacita terhadap para korban dan keluarganya.

GSM bisa mengajak mereka juga untuk mendoakan para korban dan keluarga, para pelaku, dan kondisi Indonesia kedepannya agar damai. Dari sini, kakak bisa mengajarkan kepada anak tentang kasih dan bagaimana kita harus belajar mengampuni sama seperti Tuhan Yesus.

Baca juga:

10 CARA ORANG TUA MENJELASKAN TENTANG SITUASI DARURAT DAN TINDAKAN TERORISME KEPADA ANAK

3. Ajak anak untuk tidak berprasangka buruk pada suatu golongan. Justru ajarkan bahwa mereka harus mengampuni para pelaku dan orang-orang yang membenci kaum minoritas yang ada di Indonesia. Kiranya Tuhan yang menyentuh hati para orang-orang tersebut agar mau berbalik ke jalan yang benar.

4. Kembali pada rutinitas normal. Teroris akan sukses ketika mereka berhasil mempengaruhi kehidupan sehari-hari dan kehidupan kebangsaan kita.

5. Ajak ASM untuk berpikir positif. Ingatkan bahwa negara kita telah melewati banyak tragedi dan masalah dengan tegar, gotong royong, semangat persatuan, serta saling menjaga.

6. Ajak anak berdiskusi dan mengapresiasi kinerja para polisi, TNI, dan petugas kesehatan yang melindungi, melayani, dan membantu kita di masa tragedi. Diskusikanlah lebih banyak tentang sisi kesigapan dan keberanian mereka daripada sisi kejahatan si pelaku teror. (CC)

Sumber: kemendikbud.go.id

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK