ARTICLE

Mon - May 07, 2018 / 1051 /

Para Ayah, Yuk Ajak Anak Anda Berkencan Karena Ini Manfaatnya

Anak memberontak, berani dengan orang tua, seringkali tantrum apalagi depan umum, dan tidak menuruti perkataan orang tua. Bisa saja hal itu terjadi karena Anda kurang “kencan” dengan anak. Karena ternyata “kencan” bersama anak bisa membantu memelihara hubungan dan ikatan yang kuat lho.

Semakin banyak ayah yang sadar akan pengaruh mereka dan mengencani anak perempuan mereka secara teratur. 'Riset dengan jelas menunjukkan bahwa para ayah yang membut perubahan di dunia, ' ujar Kevin Leman, pembicara dan penulis What a Difference Daddy Makes.

Pete, seorang ayah berusia 38 tahun, telah mengajak kencan anak perempuannya, Cassie, yang berumur 9 tahun.

'Saya percaya keterbukaan yang dia miliki pada usianya sekarang hanya akan terjadi apabila dia memiliki alas an untuk melakukannya,' jelas Pete. ' Sekarang saya memiliki kesempatan untuk mencintainya atau menolaknya. Jika saya tidak memperdulikannya sekarang, dia tidak akan datang kepada saya nantinya pada saat dia sedang dalam masalah. Saya berharap dengan melakukan 'kencan' istimewa ini akan membuatnya mengerti bahwa dia berharga dan akan mencegahnya menerima perhatian dari seorang lelaki yang tidak memperlakukannya dengan rasa hormat yang sama.

Namun Robert Wolgemurth, penulis She Calls Me Daddy, memperingatkan untuk tidak melakukan berbagai macam hal pada sat yang bersamaan. 'Terkadang anda melihat seorang ayah di restoran dengan saah satu anaknya, dan anaknya tersebut sibuk bermain-main sedangkan ayahnya membaca koran. Semua itu tidak berguna. Percakapan adalah mahkota dari sebuah hubungan,' ujarnya.

Ikatan yang anda kembangkan dengan putri anda pada saat bercakap-cakap dengannya akan membawa keuntungan.

'Apa yang anda lakukan sebagai laki-laki adalah membuat prioritas pada jadwal dan waktu anda, ' jelas Leman. 'Kebanyakan anak tumbuh dengan mengetahuni bahwa ayah mereka adalah laki-laki yang cukup sibuk. Putri anda butuh tahu pengorbanan yang anda lakukan dalam daftar prioritas anda; pastikan anak perempuan anda ada di nomer satu. Fakta bahwa anda mengakui sisi wanitanya dan memperlakukan dia istimewa, hal tersebut seolah-olah berbicara padanya: 'Sayang, carilah seseorang yang istimewa dalam hidup. Carilah orang yang akan memperlakukan kamu dengan benar.'

Baru-baru ini, seorang ayah yang membesarkan anak perempuannya dengan melakukan malam kencan dengan konsisten harus mengakui bahwa putrinya pandai memilih suami, walau dia mencatat: 'Tidak ada yang cukup baik untuk putri saya.' Dan semua ayah dengan sepenuh hati berkata: 'Amin.'

Sumber: ABC News

Hal-hal yang Harus Diingat

Lakukan sesuatu yang berbeda. Sudah pasti anak anda senang pada saat anda membawanya makan pizza. Tapi bagaimana kalau memberikannya kejutan dengan memberikan tiket pertunjukkan balet?

Cocokkan dengan kegiatannya sekarang. Apakah anak anda sedang mempelajari alat musik baru? Bawa dia ke menonton pertunjukkan atau konser dimana dia bias melihat seorang yang professional memainkan alat musik yang sama. Apakah dia senang melukis? Beli peralatan melukis, pergilah ke pusat kesenian dan habiskan seharian anda dengan melukis bersamanya. Simpan hasil karya anda dan putrid anda, bagus atau tidak, sebagai sebuh kenangan.

Jangan mempermalukan anak anda. Pekalah pada reaksinya terhadap tindakan anda.

Jaga nada anda. Ini adalah waktu untuk bersenang-senang, bukan sebuah kesempatan untuk menerapkan disiplin atau memaksakan sebuah didikan.

Jangan memotong pembicaraannya. Terbukalah dan dengarkan dia, terutama jika anak anda sedang menceritakan masalahnya. Biarkan dia berbicara dengan bebas, cukup tambahkan satu atau dua kata untuk mendorongnya untu terus maju. Inilah saatnya untuk menahan dorongan untuk menjadi si penyelesai masalah, anak-anak akan tutup mulut setiap anda mencoba untuk menyelesaikan sesuatu sebelum dia merasa anda telah mengerti apa yang mereka alami.

Nikmati kebersamaan anda. Rencanakan kencan berikutnya.

Sumber: dailymail.co.uk

Hal-hal yang Dapat Dilakukan Pada Saat Kencan

1. Keliling kota.

2. Makan malam. Jangan makan di restoran yang memiliki taman bermain. Buatlah menjadi makan malam yang 'mewah'.

3. Olah raga. Naik sepeda, main sepatu roda, dll

4. Lakukan hobinya bersama-sama. Mengumpulkan perangko, melukis,atau apapun.

5. Bermain. Boling,golf.

6. Belanja. Ini mungkin satu-satunya kesempatan yang anda miliki untuk membantunya memilih baju.

7. Ambillah resiko. Tanyakan padanya apa yang dia ingin lakukan.

Sumber: focusonfamily.com & Jawaban.com

Baca juga:

INILAH KATA FIRMAN TUHAN TENTANG TABUNGAN PENDIDIKAN

KEREN! ANDA BISA BERLIBUR SAMBIL MELAKUKAN WISATA ROHANI KE TEMPAT-TEMPAT BERIKUT

KATA SIAPA BURUK RUPA ITU KUTUKAN? KISAH WANITA TERJELEK DI DUNIA YANG MEMBUATMU BERSYUKUR

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

Tags :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK