ARTICLE

Wed - Jul 07, 2021 / 294 / Inspirational

Simak Cara Pasien Isolasi Mandiri Bisa Mendapatkan Layanan Kesehatan dan Obat Gratis!

Indonesia darurat Covid-19. PPKM mulai diberlakukan di Jakarta dan Bali. Pemerintah sedang berusaha untuk menekan angka penularan dengan vaksinasi dan menghimbau warganya agar mengikuti PPKM serta protokol kesehatan. Pemerintah lewat Kementrian Kesehatan memberikan pelayanan konsultasi kesehatan dan obat gratis bagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang tidak bergejala maupun gejala ringan yang melakukan isolasi mandiri.

Layanan ini berupa telemedicine atau konsultasi kesehatan secara virtual yang bisa diakses dimana pun dan kapan pun oleh pasien. Namun fasilitas ini hanya berlaku untuk area Jakarta.  Mau tahu platform telemedicine apa saja yang bisa digunakan saat kita isolasi mandiri? Yuk simak dibawah ini.

Baca juga : KENAPA TUHAN BEGITU MENGASIHI DAN MENYAYANGI ANAK-ANAK?

Adapun 11 platform telemedicine antara lain:

1. Alodokter

2. GetWell

3. Good Doctor

4. Halodoc

5. KlikDokter

6. KlinikGo

7. Link Sehat

8. Milvik Dokter

9. ProSehat

10. SehatQ

11. YesDok

Dokter bisa mengidentifikasi pasien berdasarkan hasil konsultasi, untuk selanjutnya dilakukan penanganan berdasarkan kondisi pasien. Melalui layanan ini, rumah sakit bisa melakukan skrining awal untuk pasien dengan gejala sedang/berat termasuk pemberian paket obatnya melalui fasilitas pelayanan kefarmasian yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan.

Paket obat akan dikirimkan secara gratis untuk yang benar-benar tanpa gejala, sedangkan pasien dengan gejala, misalnya demam sedikit, akan diberikan juga paketnya secara gratis. Tak hanya itu, platform telemedicine ini juga terintegrasi dengan laboratorium testing PCR. Bagi pasien yang ingin melakukan uji PCR bisa dilakukan melalui form telemedicine yang tersedia.

Jadi bagaimana caranya kita yang isolasi mandiri ini bisa mendapatkan obat secara gratis?

Baca juga : TERNYATA, INI ASAL USUL RAKSASA MENURUT ALKITAB!

Berikut ini prosesnya:

  1. Melakukan tes PCR di lab yang terafiliasi dengan Kemenkes dan mendapatkan kode untuk konsultasi gratis di platform telemedicine via Whatsapp akun resmi Kemenkes.
  2. Melakukan konsultasi di salah satu platform telemedicine dan melakukan pembayaran dengan memasukkan kode dari Whatsapp Kemenkes.
  3. Mendapatkan resep digital dan tebus obat gratis dari Kemenkes dengan mengirimkan pesan Whatsapp ke gerai apotek Kimia Farma.
  4. Obat akan dikirimkan dengan SiCepat dari Apotek Kimia Farma ke alamat pasien.

Jenis paket obat yang akan diterima :

PAKET A (OTG) : Multivitamin (C, D, E, Zinc)

PAKET B (Ringan) : Multivitamin (C, B, D, E, Zinc), Azitromisin, Oseltamivir, Parasetamol (jika perlu)

Pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri bisa menghubungi Whatsapp Apotek Kimia Farma berdasarkan wilayah masing-masing.

Jakarta Timur     : wa.me/628112223049

Jakarta Utara     : wa.me/628112221832

Jakarta Pusat     : wa.me/6287877241590

Jakarta Barat      : wa.me/6287877241405

Jakarta Selatan : wa.me/62895324874355

 

Sumber : sehatnegeriku.kemkes.go.id dan idntimes

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK