ARTICLE

Fri - Oct 02, 2020 / 363 / Parenting

Tantangan Komunikasi yang Seringkali Dialami Guru Sekolah Minggu dan Orang Tua

Komunikasi orang tua dan guru adalah hal penting untuk pendidikan anak. Tapi kenyataannya, guru kadang kala menyalahkan orang tua karena karakter anak yang terbentuk akibat didikan di rumah. Atau malah orang tua terlalu menyerahkan segala urusan pendidikan agama kepada guru sekolah minggu.

Alasan orang tua tidak berpartisipasi dalam kegiatan sekolah minggu:

  1. Ingin praktis (membawa anaknya ikut beribadah di ibadah dewasa).
  2. Kurang mendapatkan informasi tentang kegiatan di sekolah minggu.
  3. Tidak ada transportasi untuk mengantarkan anak ke sekolah minggu.
  4. Dll

Berbicara tentang komunikasi antara orang tua dan guru sekolah minggu, berarti bagaimana mencari pola untuk membangun keterlibatan orang tua atau keluarga dalam mendukung pendidikan iman anak di rumah.

 Baca juga : KEMBANGKAN EQ ANAK SECARA EFEKTIF DENGAN CARA INI

Yang harus dilakukan guru sekolah minggu :

Sebaiknya guru sekolah minggu terbuka kepada orang tua tentang sikap dan perilaku anak di kelas dari hal-hal yang baik bahkan yang buruk sekalipun. Orang tua menjadi punya gambaran anak dan apa yang bisa mereka lakukan di rumah untuk mendukung perkembangan iman anak.

Sama seperti anak, orang tua seringkali juga memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Karenanya guru sekolah minggu harus menyadari bahwa melibatkan orang tua dalam pendidikan iman anak juga memerlukan strategi yang beragam.

 Baca juga : KIAT AGAR ANAK PEMALU BERUBAH MENJADI PERCAYA DIRI DAN BERANI

Yang harus dilakukan orang tua :

Selain itu, orang tua juga harus memiliki inisiatif untuk menyambungkan cara mendidik di sekolah minggu dengan di rumah. Agar apa yang dipelajarinya di sekolah minggu, juga bisa diaplikasikan oleh anak dalam kehidupan sehari-harinya.

Orang tua juga harus mendukung guru sekolah minggunya dengan terus memberikan informasi tentang keunikan anak. Agar guru juga tahu bagaimana cara menghadapi dan mendidik anak dengan lebih baik.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK