ARTICLE

Thu - Apr 02, 2020 / 1408 / Sunday School

7 Cara Penting Membuat Ibadah Sekolah Minggu Online yang Menarik

Di saat seperti ini, dimana gereja dan ibadah sekolah Minggu tidak bisa dihadirkan secara langsung, seharusnya kita sebagai guru sekolah Minggu tidak kehabisa akal kak!  Masih ada cara kok untuk menghadirkan pelayanan sekolah Minggu ke tengah anak-anak. Seperti yang Superbook lakukan 2 minggu belakangan ini kak, yaitu dengan sekolah Minggu live.

Memang di era digital seperti ini sudah ada beberapa gereja-gereja besar yang mempunyai alat mumpuni ikut membuat ibadah online ini, tapi bagaimana dengan sekolah Minggu kakak? Nah kalau kakak ingin juga membuat ibadah online, Superbook punya beberapa tips nih yang bisa membantu.

1. Sediakan peralatan

Membuat ibadah online memang memerlukan peralatan yang mumpuni kak selain alat-alat yang biasanya kita butuhkan saat ibadah sekolah Minggu biasa. Beberapa diantaranya kamera, laptop/ PC atau smartphone yang bisa digunakan untuk mengedit video (jika ingin berupa rekaman), koneksi internet, microphone yang mendukung, dan akun media sosial (bisa memakai Youtube, Facebook, atau Instagram).

 Baca juga : 5 IDE KEREN UNTUK PERMAINAN SELINGAN ANAK SELAMA BELAJAR DI RUMAH

2. Pakailah ‘pakaian’ yang tepat

Bukan hanya supaya penampilan kakak semakin baik di depan kamera saja, tapi juga agar hasilnya bisa lebih maksimal. Sebaiknya kakak jangan gunakan baju yang warna atau motifnya hampir sama dengan background. Hindari juga pemakaian baju dengan motif garis-garis kak, supaya tidak berbayang di kamera.

 

3. Gunakan latar belakang yang sesuai

Setelah penampilan, kini giliran hal yang paling sering dilihat penonton nantinya, yaitu latar belakang (background). Pilihlah latar belakang yang menarik dan kalau bisa kak disesuaikan dengan tema yang kakak bawakan.

 

4. Pencahayaan yang baik

Pencahayaan adalah hal yang penting dan krusial dalam pembuatan video, jadi kakak harus bisa memilih tempat dengan cahaya yang kuat dan baik. Kalau tidak, kakak bisa memafaatkan cahaya bantuan seperti lampu tambahan.

 

5. Posisi kamera

Sebaiknya sebelum memulai, kakak tes terlebih dulu apakah posisi kamera sudah tepat atau belum. Jangan sampai terlalu rendah sehingga kepala kakak terlihat mentok di atas. Sebaiknya tempatkan perekam sejajar mata atau kakak dan kakak guru lainnya terlihat semua.

 Baca juga : SEBAIKNYA TUNDA MEMBAWA ANAK KE RUMAH SAKIT, KECUALI MENGALAMI HAL INI

6. Buatlah alur cerita dan ibadah yang menarik

Ibadah online yang menarik tentunya adalah yang penuh persiapan kak. Jadi susunlah ibadah sebelum mulai merekamnya. Buat cerita yang seru, menarik anak-anak untuk menonton, dan berkesan untuk mereka. Jangan sampai baru nonton setengah, anak-anak bosan kak. Kakak bisa selingkan dengan video lain, kegiatan seru seperti melakukan eksperimen atau drama, melakukan gerak dan lagu, dan lainnya.

 

7. Lakukan Interaksi

Interaksi saat ibadah online tetap diperlukan lho kak, supaya anak tidak merasa ini hanya komunikasi satu arah saja. Adanya interaksi akan membangun keakraban dengan anak-anak di rumah, apalagi kalau mereka diperbolehkan berkomentar, mengajukan pertanyaan, bahkan meminta untuk didoakan.

Nah, itulah 7 tips untuk kakak guru sekolah Minggu yang ingin mengadakan ibadah sekolah Minggu online. Superbook juga punya lho ibadah sekolah Minggu online yang bisa diikuti oleh anak-anak dari seluruh Indonesia, namanya ‘Sekolah Minggu Superbook LIVE’ yang ada di Youtube setiap hari Minggu pukul 6.45 WIB.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK