ARTICLE

Wed - Feb 19, 2020 / 1328 / Inspirational

5 KARAKTER GENERASI YANG MENJADI TANTANGAN SERIUS GEREJA MASA KINI!

Semakin hari, perjuangan kita untuk memenangkan generasi semakin berat. Teknologi, lingkungan, dan nilai hidup adalah hal yang bisa sangat membahayakan generasi selanjutnya. Karena itu, sebagai pelayan generasi, kita harus menyiapkan diri menghadapi hal tersebut.

Terlebih, ada 5 karakter generasi jaman sekarang yang akan menjadi tantangan besar gereja. Apa saja sih 5 karakter itu?

Baca juga: SERBA SERBI PELAYAN SEKOLAH MINGGU – DILEMA PEMIMPIN PUJIAN SEKOLAH MINGGU

-          Generasi Bucin

Gak asing kan denger kata ini? Bucin, singkatan dari “budak cinta”, adalah istilah ngetrend di jaman sekarang. Generasi ini adalah generasi yang terlalu dimabuk cinta dengan lawan jenis. Kok bisa? Biasanya, permasalahan utamanya adalah kurang kasih dan penerimaan dari KELUARGA dan RUMAH.

Ketika mereka menemukan orang yang bisa menerima mereka, terkhusus lawan jenis, mereka akan mengutamakan mereka, dan bisa mengakibatkan banyak hal yang tidak-tidak. Bisa jadi mereka melawan orang tua, lebih mengutamakan apa kata pacar dibanding kebenaran, jatuh ke dalam dosa seksual. Bahaya kan?

-          Generasi Mager

Istilah ini pun sedang ngetrend sekarang. Mager (males gerak) mungkin terkesan sepele, tapi ini masalah serus bagi generasi kita loh. Biasanya, permasalahan utamanya adalah mereka tidak punya VISI/MIMPI dan menganggap mereka TIDAK BERHARGA.

Jadi, mereka gak tau mau melakukan apa dalam hidup mereka, dan mereka jalanin hidup apa adanya. Bahayanya, dimulai dari tidak punya tujuan hidup, mereka bisa jadi sampai bunuh diri loh, karena tidak tahu harus berbuat apa bagi hidupnya. Wah, seram juga ya.

Sumber: Pexels

-          Generasi Barbar

Untuk yang sering lihat Youtube Gaming, pasti tidak asing dengan istilah ini. Generasi barbar bisa diartikan sebagai generasi yang gabisa diatur. Permasalahan mereka adalah EGOIS dan SOMBONG, karena mereka merasa lebih mampu.

Jadi, mereka gamau diatur oleh aturan serta orang lain karena mereka pengen dan merasa bisa berjalan sendiri. Banyak banget kasus ini kita lihat di lingkungan kita. Seperti melawan guru, orang tua, bahkan memecah belah komunitas. Hati-hati ya!

-          Generasi Toxic

Generasi toxic adalah generasi yang KURANG KONTROL DIRI atau PIKIRANNYA JAHAD. Jadinya, apa yang mereka katakan dan apa yang mereka lakukan selalu hal yang tidak sopan.

Mungkin, kita sering melihat di lingkungan kita, seperti anak yang suka berkata kasar, atau yang senang isengin temennya. Tapi, jika itu dibiarkan, ia bisa merencanakan kejahatan yang besar di kemudia hari loh. Jadi, waspada yuk kak!

Sumber: Pexels

-          Generasi Baper

Nah, sampe deh di karakter generasi yang paling sering kita lihat. Gak cuman anak-anak, bahkan juga orang dewasa. Masalah inti dari generasi baper (bawa perasaan) adalah rasa INSECURE dengan diri sendiri, dan TIDAK BISA PERCAYA ORANG LAIN.

Efek sampingnya, ia jadi orang yang mudah terancam. Yang berbahaya adalah, ketika ia dibiarkan, bisa menjadi sangat bahaya. Dimulai menjadi orang posesif, lalu pendendam, dan bisa berakhir sebagai psikopat.

Baca juga: 5 CARA MENGHADAPI TANTANGAN YANG TERJADI DI PELAYANAN SEKOLAH MINGGU

Seram ya kak! Jadi, masih mau main-main melayani generasi? Untuk kakak yang ingin tahu cara mengatasi 5 generasi ini, yuk baca lanjutannya setiap Sabtu di website Superbook. See you next week kak.

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK