ARTICLE

Mon - Sep 04, 2017 / 2421 /

Yuk kenali arti tangisan bayi Anda. Bagaimana caranya?

Pernahkah Anda merasa kebingungan ketika mengatasi bayi Anda yang terus menangis? dan Anda tidak tahu harus berbuat apa untuk membuatnya tenang. Untuk itu, kenali arti dari setiap tangis bayi Anda!

Pernahkah Anda merasa kebingungan ketika mengatasi bayi Anda yang terus menangis, dan Anda tidak tahu harus berbuat apa untuk membuatnya tenang. Pasti setiap ibu pernah mengalami hal ini. Saya pun demikian. Sebenarnya tidak sulit menenangkan bayi menangis, jika kita tahu keinginan di balik tangisannya tersebut.

Bayi menangis untuk mengekspresikan apa yang dirasakannya dan sebagai cara berkomunikasi dengan kita. Ada berbagai macam jenis tangisan bayi. Dan sebagai seorang ibu Anda harus pahami dan tahu apa arti tangis bayi Anda. Berikut beberapa macam tangis bayi:

Lapar

Tangisan bayi yang sedang lapar sangat mudah diidentifikasi. Tangisannya sangat keras dari biasanya seperti berteriak dan lama. Mulutnya juga terbuka lebar. Menandakan dia ingin minum air susu. Untuk menghindari tangisan bayi karena lapar Anda dapat mengantisipasi dengan menyusui bayi sebelum dia merasa lapar. Biasanya bayi lapar lagi setelah satu hingga dua jam. Jadi di antara itu, Anda dapat menyusui bayi Anda sebelum dia menangis.

Mengantuk atau lelah

Jika bayi Anda melakukan aktivitas yang padat, misalnya pergi seharian di luar, atau tidurnya tidak cukup. Ini juga akan membuatnya kelelahan. Bayi yang mengantuk atau kelelahan biasanya menangis seperti merengek sedikit melengking dan terkadang bibirnya gemetaran atau menggigil. Jika bayi Anda sudah mengirim sinyal bahwa dia mengantuk sebaiknya langsung tenangkan si bayi dan berikan dia kenyamanan agar dia dapat tidur nyenyak.

Popok basah

Bayi memakai popok untuk menampung kotoran dan pipisnya. Biasanya jika bayi rewel orangtua akan mengecek popok bayi, untuk memastikan apakah popoknya sudah penuh atau tidak. Atau juga biasanya bayi menangis bukan karena popoknya penuh, tetapi juga bisa karena popoknya bocor sehingga membuatnya tidak nyaman. Untuk menghindari tangisan bayi karena ini, sebaiknya Anda harus rajin mengecek dan mengganti popok si bayi sebelum dia menangis ya.

Bersendawa

Ketika bayi Anda menangis dengan mengeluarkan kata 'eh' yang panjang dan waktu lama itu artinya dia mencoba untuk bersendawa. Mengeluarkan angin yang masuk di dadanya. Biasanya akibat cara mengedot yang salah. Jika bayi Anda menangis karena ingin bersendawa segera gendong bayi lalu tepuk-tepuk punggungnya dengan lembut hingga bayi Anda bersendawa. Ketika sudah bersendawa perut bayi akan terasa lega dan dia akan kembali nyaman.

Mencari perhatian

Terkadang bayi menangis juga karena ingin mencari perhatian. Jangan kira bayi belum mengerti apa-apa. Bayi dari lahir sudah mengerti tentang perasaan, mengenal orang apa lagi orangtuanya, memiliki pendegaran yang sensitif, dan juga sudah mengerti ekspresi orang melalui eye contact. Sehingga bayi akan sadar ketika dia diperhatikan atau dicuekin. Pernahkah bayi Anda menangis ketika Anda melakukan hal lain, seperti membersihkan rumah, mandi atau makan dan bayi Anda menangis dengan suara seperti ehek-ehek-ehek, sedikit tersentak tidak begitu keras dan tidak mengelurkan air mata? Jika ya, itu artinya dia sedang mencari perhatian Anda dan tidak mau dibiarkan.

Memang sulit memahami arti dari setiap tangis bayi. Tapi jangan khawatir, karena seiring berjalannya waktu, Anda pasti bisa mengenal dan membedakan jenis-jenis tangisan bayi Anda. Saya juga yakin, setiap ibu punya indra yang tajam untuk memahami apa yang dibutuhkan bayinya. Untuk itu tetap semangat dan teruslah belajar!

sumber : keluarga.com

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK