ARTICLE

Wed - Jan 10, 2024 / 310 / Parenting

Yuk Moms Jadi Teladan untuk Si Kecil dengan Menerapkan 5 Prinsip Alkitabiah Ini

Ibu memiliki peran krusial dalam membentuk kehidupan anak-anak sebagai teladan pertama mereka. Anak-anak cenderung meniru perilaku, sikap, dan perkataan yang mereka lihat dari ibu. Oleh karena itu, menjadi teladan yang baik bagi anak-anak sangat penting bagi seorang ibu.

Alkitab menawarkan contoh-contoh positif tentang ibu-ibu yang memperlihatkan teladan yang baik, seperti Sarah, istri Abraham, dan ibu dari Ishak. Ia dikenal sebagai sosok setia, murah hati, dan taat kepada Tuhan, juga penuh kasih sayang terhadap keluarganya.

Beberapa prinsip dari Alkitab dapat membantu seorang ibu menjadi teladan yang baik:

1. Kasih Sayang
Ibu perlu memberikan kasih sayang tulus kepada anak-anaknya, menciptakan rasa aman dan penerimaan. Meluangkan waktu untuk interaksi langsung, bermain, dan berbicara dengan anak-anak adalah cara yang efektif.

2. Iman
Iman menjadi fondasi penting, dan ibu dapat menjadi teladan iman dengan menunjukkan kehidupan yang taat kepada Tuhan. Mengajarkan anak-anak tentang Tuhan, membaca Alkitab bersama, dan berdoa bersama adalah langkah-langkah praktis.

3. Moralitas
Ibu dapat menjadi teladan moral dengan menunjukkan perilaku yang baik, mengajarkan nilai-nilai moral seperti kejujuran, keadilan, dan kasih sayang, serta menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

4. Tanggung Jawab
Ibu perlu menunjukkan tanggung jawab dengan mengajarkan anak-anak tentang pentingnya bertanggung jawab atas tugas-tugas mereka, memberikan contoh cara menyelesaikan tugas dengan baik.

5. Disiplin
Ibu dapat menjadi teladan disiplin dengan menunjukkan perilaku yang disiplin, mengajarkan anak-anak tentang pentingnya disiplin, dan memberikan konsekuensi yang adil dan konsisten jika aturan dilanggar.

Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, seorang ibu dapat membangun fondasi kuat bagi perkembangan karakter dan kemandirian anak-anaknya.

Anastasia Aprita Lusi Ekanaru

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK