ARTICLE

Mon - Aug 20, 2018 / 755 / Inspirational

Viral Joni Si Pemberani! Sama Seperti Daud, Joni Punya 4 Poin Penting Ini

Kalau dengar nama Yohanes Gama Marchal Lau, pasti terasa asing. Tapi gimana dengan Joni? Dialah bocah bertubuh kecil yang mendadak terkenal karena keberaniannya memanjat tiang bendera setinggi 23 meter terekam kamera dan tersebar di dunia maya.

Bukan tanpa alasan Joni nekat melakukan aksinya. Saat upacara kenaikan bendera memperingati HUT RI ke-73 di Atambua, terjadi kesalahan teknis yang menyebabkan bendera tidak bisa dikibarkan. Sontak Joni langsung melepas sepatunya, berlari ke tengah lapangan dan memanjat tiang bendera. Ia kemudian turun membawa tali pengait yang tersangkut di atas tiang.

Keberaniannya berbuah manis. Joni bukan saja menjadi pahlawan di balik pengibaran bendera di daerahnya, ia juga dibanjiri berbagai macam hadiah mulai dari uang tunai, beasiswa, maupun undangan menghadiri pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta.

Sumber: Antara News

Sahabat Superbook, kalau kita lihat tokoh Alkitab, keberanian Joni sama seperti Daud. Masih ingat kan, Daud berani membunuh singa yang coba mendekati domba-dombanya. Ia juga berhasil mengalahkan si raksasa Goliat. Kala itu banyak orang menyangsikan keberanian Daud. Tapi ternyata Daud benar-benar melakukannya.

Daud dan Joni. Kisah keberanian mereka sangat mirip karena punya 4 poin ini.

1. Keberanian harus lebih besar dari rasa takut

Siapa yang tidak takut dengan auman singa dan terkaman beruang? Daud berani! Ia menghadapi dan melawan para binatang buas ini demi melindungi kawanan dombanya. Joni melakukan hal yang sama. Ketika dia naik ke atas tiang, dia memilih membesarkan rasa beraninya ketimbang takut jatuh dari ketinggian.

2. Kekurangan fisik bisa berubah menjadi kelebihan

Tubuh kecil dimanfaatkan Daud untuk berlari gesit dan melempar batu ke arah Goliat. Sama loh seperti Joni. Tubuh kecilnya membuatnya ringan dan dengan sigap ia naik ke atas tiang bendera.

3. Tetap tenang dan yakin pada diri sendiri

Hebatnya Daud, dia tidak sekedar berani, tapi yakin pada kekuatan di dalam dirinya. Terbukti dengan tindakannya, ia mampu mengalahkan Goliat.

4. Percaya pertolongan Tuhan

Ini poin yang paling penting. Daud bukan sekedar tahu bahwa Tuhan menyertai, namun Tuhan juga akan menolongnya jika ia dalam keadaan terdesak.

Ayo belajar jadi seperti Daud dan Joni sang pahlawan cilik di masa kini. Miliki 4 keyakinan ini. Kekurangan apapun yang ada pada diri kita harus diubah menjadi kekuatan yang bermanfaat bagi banyak orang. (CG)

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK