ARTICLE

Wed - Sep 20, 2017 / 3918 /

Untuk Para Ayah, Sudahkah Anda Menerapkan 5 Tanggung Jawab Ini Buat Keluarga Anda?

Ada banyak pernikahan hancur karena suami nggak menjalankan perannya sebagai kepala keluarga. Boro-boro menafkahi istri dan anak-anaknya, suami malah memilih keluyuran, menghambur-hamburkan uang, judi, dan malas-malasan di rumah. Sementara istri banting tulang dan sekaligus menjalankan fungsi merawat anak-anak.

Di sisi lain, ada juga suami yang merasa hanya berperan untuk menafkahi istri dan anak-anaknya. Karena itu, dia pun memilih fokus untuk bekerja tanpa memedulikan urusan-urusan rumah tangganya sendiri. Akibatnya, hubungan suami istri semakin memudar dan anak-anaknya tak berkesempatan tumbuh dengan pendampingan dari seorang ayah.

Suami yang kehilangan perannya adalah suami yang telah kehilangan prioritas dalam hidupnya. Dan hal ini jelas-jelas sangat bertentangan dengan perintah Tuhan kepada setiap suami.

Apakah kamu salah satu yang kehilangan prioritas itu? Mari mengoreksi diri, apakah kamu adalah suami yang sudah melakukan 5 tanggung jawab ini?

Pertama: Mengasihi Tuhan

“Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu.” (Ulangan 6: 5)

Banyak suami yang lebih dulu mencintai pekerjaannya, istrinya dan juga dirinya sendiri sebelum mencintai Tuhan. Mereka lupa bahwa pernikahan itu asalnya dari Tuhan. Itu artinya, baik suami dan istri harusnya menempatkan Tuhan sebagai pusat dari sebuah pernikahan.

Mengasihi Tuhan di atas dari segalanya adalah perintah paling utama. Karena Tuhanlah yang menciptakan kita terlebih dahulu dan membangun relasi dengan kita. Hubungan dengan Tuhan adalah fondasi dalam pernikahan. Saat suami sudah menempatkan Tuhan sebagai prioritas utama, maka secara otomatis dia juga akan bisa membangun hubungan yang baik dengan orang lain, terutama istri dan anak-anaknya.

baca juga : Ini 10 Ayat Alkitab Tentang Anak Yang Wajib Jadi Pegangan Orangtua KRISTEN!

Kedua: Mengasihi istri

“Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya..” (Efesus 5: 25)

Ini adalah tanggung jawab kedua dari seorang suami yang secara sadar harus dilakukan. Cara seorang suami mengasihi istrinya adalah cerminan dari bagaimana Yesus mengasihi gerejanya (yaitu kita sendiri). Seorang istri akan mengenal kasih Yesus lewat bagaimana suaminya mengasihi dia.

Itu sebabnya, seorang suami harus rela berkorban untuk orang-orang yang dia cintai dan juga mau menerima kekurangan seorang istri dengan tulus.

Ketiga: Memperkenalkan kasih Tuhan kepada anak-anaknya

“Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.” (Efesus 6: 4)

Orangtua bisa jadi penyebab anak-anaknya hidup dalam ketakutan dan jadi penghalang untuk mereka bisa mengenal Tuhan. Dalam Ulangan 6: 6-7 dituliskan bahwa orang tua (khususnya seorang ayah) haruslah mengajar anak-anaknya soal kasih Tuhan.

Bagaimana mungkin seorang ayah yang tidak mengasihi Tuhan mengenalkan anak-anaknya tentang Tuhan itu sendiri? Itu sebabnya Tuhan memberikan perintah yang terutama supaya setiap suami mengasihi Tuhan lebih dari segalanya. Dengan itu dia bisa jadi teladan bagi anak-anaknya.

baca juga : 11 TIPS UNTUK JADI AYAH IDAMAN BAGI ANAK PEREMPUAN KESAYANGAN ANDA (1)

Keempat: Nafkahi keluargamu

“Sebab, juga waktu kami berada di antara kamu, kami memberi peringatan ini kepada kamu: jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan.” (2 Tesalonika 3: 10)

Peran lain yang harus dijalankan seorang suami adalah memenuhi kebutuhan keluarganya. Ayat yang disampaikan Paulus di atas bukan ditujukan kepada orang-orang yang pengen sekali bekerja dan sudah berusaha mencari pekerjaan. Paulus bermaksud untuk menegur orang-orang yang malas, termasuk suami yang malas bekerja.

Sementara di sisi lain, suami yang bekerja mungkin akan menghadapi tantangan dalam pekerjaannya. Tingginya tingkat stres dan frustrasi dalam pekerjaan serta kesibukan yang menguras waktu pun bisa membuat suami lupa akan prioritas utamanya terhadap istri, anak dan juga Tuhan. Hal ini sama buruknya dengan suami pemalas. Tuhan mau suami menjalankan perannya secara seimbang, yaitu bekerja untuk menafkahi keluarganya sekaligus memberikan waktu khusus bagi keluarganya.

Kelima: Aktif dalam pekerjaan pelayanan Tuhan

“Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.” (Ibrani 10: 25)

Mengasihi Tuhan itu tidak cukup. Salah satu wujud dari kasih itu sendiri bisa dalam bentuk komitmen untuk melayani Tuhan, baik dalam pelayanan gereja maupun komunitas orang percaya. Karena dengan itulah, seorang suami bisa semakin bertumbuh dalam pengenalan yang mendalam tentang kasih Tuhan.

Untuk bisa berfungsi maksimal dalam hidup, Tuhan mau supaya suami dan juga seluruh anggota keluarga lebih dulu hidup berakar di dalam pengenalan akan Dia. 

baca juga : 7 SIKAP ANDA YANG JUSTRU MEMPERMALUKAN DIRI ANDA SENDIRI DI HADAPAN ANAK

Sumber : jawaban.com/ superbookindonesia

 

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK