ARTICLE

Thu - Mar 24, 2022 / 1710 / Parenting

Untuk Ibu Muda dan yang Akan Menjadi Ibu, 5 Hal Ini Bisa Menjadikanmu Ibu Sukses!

Maukah Anda mempunyai pekerjaan yang meminta waktu Anda 24 jam untuk melakukannya? Tanpa imbalan sepeserpun, menuntut kesabaran, kelemahlembutan, kasih sayang, pengampunan, dan masih banyak lagi? Tapi yang kerennya, Anda akan mendapatkan kepuasan luar biasa jika melihat hasilnya. Pekerjaan apakah itu?

Seorang ibu sejatinya harus siap menghadapi tantangan dalam keluarganya. Entah semua hal yang berkaitan dengan anak, mendengar curhatan dari suami yang sedang ada masalah dalam pekerjaan, maupun rela berkorban bagi anak dan keluarganya. Istilahnya yang penting anak bisa makan dan mendapat pendidikan layak dibandingkan ibu membeli baju baru dan makan di restoran mahal seperti saat single.

Oleh karena itu, supaya SuperMom yang masih baru menjadi ibu tidak kaget dengan dunia tersebut, coba perhatikan 5poin dibawah ini.

 

1. Anak-anak memang seharusnya melakukan kesalahan.

Sumber: aok.dk

Lho kok harus melakukan kesalahan? Karena tidak ada manusia yang sempurna. Manusia belajar dari kesalahan untuk memperbaiki hidupnya lebih baik lagi. Seperti anak yang berlatih memakai toilet. Beberapa kali mungkin mereka akan mengompol. Masih belum bisa merasakan rasa “kebelet”nya. Inilah tugas orang tua untuk terus menghimbau kepadanya, kalau sudah merasa tergelitik perutnya dan ingin pipis, maka harus cepat pergi ke kamar mandi.

Misalnya juga  belajar memasak. Kalau anak tidak pernah diperbolehkan orang tua untuk membantu menyiapkan makanan, ketika mereka dewasa dan sudah berpisah dengan orang tua, mereka akan bingung dan kesulitan dalam memasak.

Kesalahan memang bagian dari hidup seluruh umat manusia. Sebagai orang tua yang baik, ibu seharusnya mampu membimbing kesalahan-kesalahan anaknya menjadi suatu pelajaran berharga. Bukannya justru menghukum dengan caci maki atau kontak fisik (pukulan dan kekerasan lainnya).

 

2. Bertumbuh dan berubahlah bersama anak serta keluarga.

Sumber: anutritiousdish.com

Menjadi teladan memang bukan perkara yang mudah. Dulu yang bisa hidup sebebas mungkin karena belum ada beban, sekarang harus menjaga sikap, perilaku, omongan, dan pemikiran.

Jadi sebaiknya sebelum ibu mengajar dan mendidik anak, bertumbuhkan lebih baik jauh di depan anak terlebih dulu. Seperti yang tertulis di Amsal 27: 17, “Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya.”

Salah satunya adalah contoh penggunaan gadget. Sebelum anak ibu berikan gadget, sebaiknya ibu juga sudah mampu menggunakan gadget dengan baik. Seperti mengatur parental lock, mengerti media sosial yang akan digunakan anak, dan masih banyak lagi.

 

3. Terlibatlah dalam hidup anak, supaya SuperMom mudah diterima anak.

Sumber: Mom.me

Terkadang karena kesibukan sebagai wanita karir, hubungan ibu dengan anak menjadi kurang intim. Anak lebih sering bersama dirawat dengan ART atau neneknya. Saat mereka remaja dan menuju dewasa, akhirnya anak menjadi tidak begitu dekat dengan orang tua dan terkesan mempunyai jarak.

Oleh karena itu, terlibatlah dalam kehidupan anak. Caranya mudah. Dengan seringnya melakukan interaksi, diskusi, dan memikirkan proses hidup bersama (Efesus 6: 4). Jadilah sahabat anak ya bu.

 

4. Anggaplah seorang ibu adalah manager yang mengatur semua urusan rumah tangga.

Sumber: kp.ru

Ibu ibaratnya sebagai seorang manajer yang harus mengatur semua urusan rumah tangga mulai dari yang sepele, seperti mengepel dan menyapu lantai, hingga urusan yang rumit. Ibu harus bisa menyatukan semua anggota keluarga yang mempunyai karakter berbeda. Tak hanya itu, ibu juga harus menuntun semua anggota keluarga agar bisa sejalan satu tujuan.

 

5. Menjadi akuntan yang mampu mengelola keuangan keluarga.

Sumber: The Cut

Tugas seorang ibu salah satunya adalah mengelola keuangan rumah tangganya agar semua kebutuhan bisa tercukupi. Kebutuhan itu seperti belanja bulanan, urang sekolah, asuransi keluarga, tabungan, cicilan, tagihan air, tagihan listrik, tagihan telepon, dan masih banyak lagi.

Terkadang demi membantu suami mengumpulkan pundi-pundi bagi keluarganya, ibu akhirnya juga terjun bekerja membanting tulang.

Menjadi seorang ibu adalah peran yang mulia dan multitasking. Jadi jangan takut dan minder duluan ya. Tetap semangat dan selalu bersyukur atas penyertaan Tuhan pada keluarga kita. (CC)

Sumber: dari berbagai sumber

Baca juga:

JANGAN PERNAH MELONTARKAN KALIMAT INI KEPADA ANAK SAAT ANDA MARAH

TERNYATA HUBUNGAN ORANG TUA BISA MEMPENGARUHI KEHIDUPAN PERCINTAAN KITA SEKARANG LHO

JANGAN PAKSAKAN 6 HAL INI KEPADA ANAK SUPAYA MEREKA TIDAK MEMBERONTAK

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK