ARTICLE

Mon - Jan 03, 2022 / 2100 / Inspirational

Tren Spirit doll, Apa Pandangan Kristen?

Baru-baru ini, di media sosial sedang tren tentang boneka arwah atau spirit doll yang diadopsi oleh artis-artis Indonesia. Mulai dari Roy Kiyoshi, Ivan Gunawan, Celine Evangelista, Lucinta Luna, Ruben Onsu, Sarwendah, dll. Harga boneka ini juga tergolong fantastis, dari jutaan hingga yang ratusan juta.

Awalnya boneka ini berasal dari Thailand yang disebut Luk Thep. Boneka ini dipercaya akan membawa keberuntungan pada pemiliknya karena diperlakukan bagai anak sendiri. Tapi beberapa sumber menyebutkan juga bahwa boneka ini berbeda dengan Luk Thep. Karena spirit doll diisi dengan peri/ elf, sedangkan Luk Thep diisi arwah manusia yang sudah meninggal.

Baca juga : WAJIB NONTON, 7 FILM ROHANI KRISTEN YANG TAYANG SEPANJANG TAHUN 2021!

Lalu apa pandangan iman Kristen terkait hal ini?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, spirit doll ini dipercaya mendatangkan keberuntungan, memperbaiki rejeki, mendatangkan energi positif, dan lainnya karena diisi dengan peri/ elf. Ada yang bilang juga bahwa memiliki spirit doll akan menstimulasi area emosi perasaan pada otak, sehingga bisa dijadikan sebagai sarana stress release.

Berhala memang sangat menggiurkan bagi manusia. Demi mendapatkan popularitas dan kenyamanan secara pribadi, kita menganggap sesuatu benda sebagai hal yang diagungkan. Spirit doll memang seakan mengisi kebutuhan kedagingan kita, sama seperti penyembahan berhala.

Mencintai berlebihan

Baca juga : MAU MEMPERBAIKI KEUANGAN DI TAHUN BARU? COBA 5 JENIS INVESTASI UNTUK PEMULA INI!

Mari kita mengingat lagi Keluaran 20: 5, “Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, Tuhan, Allahmu adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci aku.”

Jika memiliki boneka dan mencintainya melebihi cinta kita kepada Tuhan, sudah pasti itu menjadi berhala bagi kehidupan kita. Apalagi percaya dengan boneka yang dikatakan telah dimasuki oleh roh/ arwah.

Dalam 1 Yohanes 4: 1-6 disebutkan bahwa roh yang tidak berasal dari Allah adalah roh yang berasal dari dunia. Jika tidak berasal dari Allah, maka roh itu menyesatkan. Jadi, apakah kita masih mau percaya dengan boneka-boneka seperti itu? Bagaimana pendapatmu tentang spirit doll ini? Komen di bawah yuk.

Sumber: dari berbagai sumber

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK