ARTICLE

Thu - May 19, 2022 / 307 / Parenting

Tips Pintar Ubah Anak yang Sulit Diatur Jadi Pribadi yang Takut Akan Tuhan!

Apakah kamu adalah ayah dan ibu dari anak yang sulit sekali di atur alias tidak taat?

Jika demikian, prosesnya pasti sangat menyakitkan dan menyebalkan ya.

Kata-kata kamu diabaikan, upaya yang kamu lakukan untuk membuat dia berubah sia-sia, sudah berdoa dengan tekun tetapi kok Tuhan sepertinya nggak menjawab setelah sekian tahun lamanya, anak kamu makin hari semakin nakal, memiliki pergaulan yang sangat memalukan dan selalu bertingkah sesuka hatinya.

Sebelum saya mengenal Kristus, saya cukup nakal kepada orang tua saya. Ketika mereka selalu melarang saya untuk keluar dari rumah di malam hari, saya memutuskan diam-diam pergi. Bahkan beberapa kali pernah kabur dari rumah di masa SMA. Saya juga pernah bolos sekolah.

Saya pergi ke gereja kok, saya ikut ke komunitas sel juga, tetapi saya sama sekali nggak tertarik mengenal sosok Tuhan. Jarang membaca Alkitab, dan saat teduh.

Orangtua saya kadang mengajarkan dan memberi saya semangat untuk membaca Alkitab, memberi contoh yang baik sebagai anak Tuhan, berceramah panjang-lebar. Tetapi tetap saja, saya nggak bisa berubah.

Meskipun sebenarnya memberi semangat kepada anak-anak secara rohani bisa bermanfaat, tapi kadang hal itu bisa juga bikin frustasi.

 

BACA JUGA: MAU JADI KELUARGA YANG MELAYANI, KENAPA ENGGAK?

 

Setelah sekian lama, orangtua saya bisa melihat hasil doa mereka melalui perubahan saya yang saat ini. Saya menjadi hidup takut akan Allah dan sangat jauh berbeda dibanding dlulu.

Itulah yang berlaku kepada setiap orangtua. Kita dituntut untuk mempertaruhkan nyawa kita dan pantang menyerah bagi perubahan anak.

Percayalah, bahwa akan tiba waktu, doa Anda dijawab oleh Tuhan dan menuainya dengan sukacita, seperti Firman-Nya, 'Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.' (Galatia 6:9).

Jika kamu bingung bagaimana berdoa untuk itu, inilah 3 caranya:

1. Berdoalah untuk kebutuhan rohani anak kamu

Berdoalah supaya anak bisa bertumbuh dalam roh yang takut akan Tuhan. Dia bisa jadi berkat untuk teman-temannya dan yang takut akan Tuhan.

Meski butuh 20 tahun, tetapi percayalah bahwa Tuhan akan mendengar doamu, karena Dia melihat kerinduan hatimu.

Kadangkala, kita cenderung membatasi doa-doa kita mengenai hal-hal yang terkesan biasa. Seperti nilai anak yang bagus, menemukan kampus yang tepat dan lain sebagainya. Ini juga perlu Anda doakan. Jadi berdoalah untuk anak Anda dari sekarang.

 

2. Berdoalah untuk permintaan anak-anak kamu

Hal yang sering dilakukan oleh orangtua adalah enggan bertanya mengenai kebutuhan doa anak.

Entah nggak kepikiran, atau mungkin lupa, tetapi hal ini seharusnya kita garis bawahi (dalam pikiran kita) sebagai orang tua Kristen yang rindu anaknya diubahkan.

Tanyakanlah kepada anak-anak kamu, apa yang perlu kamu doakan untuk mereka. Tindakan ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa kamu peduli dan tertarik dengan apa pun yang mereka lakukan dan mendoakan mereka itu adalah hal yang penting.

 

BACA JUGA: APAKAH KITA HARUS MEMAKSA ANAK RAJIN IBADAH KE SEKOLAH MINGGU? INI JAWABANNYA

 

Mereka mungkin akan memandang kamu sedikit aneh karena belum terbiasa, atau mungkin mereka menerima tawaran doa kamu.

Mungkin pemintaan doa mereka juga aneh dan mengejutkan tetapi yang pasti, cepat atau lambat, mereka akan menyadari betapa kamu sangat mencintainya.

 

3. Percayalah kepada Yesus, Sang Juruselamat saat kamu berdoa

Percayalah bahwa Yesus bisa melakukan apa pun yang tidak bisa kamu lakukan.

Tidak peduli seberapa bagus niat kamu, kamu nggak bisa menyelamatkan siapa pun bahkan anakmu tanpa pertolongan Kristus.

Yap, Dia bisa menyelamatkan dan mengubahnya sepenuhnya bahkan selama-lamanya.

'Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup.' (Yohanes 5:24)

Percayakan anak-anakmu kepada Tuhan dan jangan merasa bersalah. Serahkan anak sepenuhnya ke Tuhan, jangan berhenti berdoa.

Lori Mora

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK