ARTICLE

Thu - Jun 13, 2024 / 130 / Parenting

Tips Parenting untuk Menghadapi Anak yang Tidak Sabaran

SuperParents, apakah setuju bahwa menghadapi anak yang gak sabaran cukup menguras emosi dan juga energi? Sadarkah SuperParents bahwa sikap gak sabaran anak merupakan tanda bahwa mereka belum matang dalam hal mengelola emosi, untuk itu peran SuperParents dalam membimbing dan melatih anak untuk bisa bersikap sabar adalah hal yang penting.

Sebelumnya, mari kita kenali terlebih dulu yuk apa aja sih penyebab anak menjadi tidak sabaran. Penyebab pertama adalah anak terbiasa terlalu sering dibantu, Ketika anak terbiasa menerima bantuan, mereka jadi sulit menyelesaikan tugas hingga tuntas dan memecahkan masalah mereka sendiri, dampaknya mereka jadi gak sabaran.

Penyebab lainnya adalah ketidak konsistenan SuperParents dalam menerapkan sebuah aturan, contohnya SuperParents melarang untuk makan sambil bermain gadget tapi dimomen-momen tertentu SuperParents mengizinkan hal tersebut atau justru SuperParents melanggar aturan yang dibuat SuperParents sendiri.

Selanjutnya, faktor penyebab anak gak sabaran lainnya adalah lingkungan. Anak-anak sangat mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya. Jika mereka sering melihat orang dewasa terlebih SuperParents sendiri sebagai role model mereka selalu tergesa-gesa dan tidak sabar, mereka akan cenderung meniru perilaku tersebut.

Dengan memahami penyebab ketidaksabaran pada anak adalah langkah pertama dalam membantu mereka mengembangkan keterampilan kesabaran. Dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi, SuperParents dapat membuat strategi yang lebih efektif dalam mendidik anak menjadi lebih sabar.

BACA JUGATips Agar Kesabaran Anak Gak Setipis Tisu

Berikut Ini Cara Menghadapi Anak yang Tidak Sabar

1. Beri Contoh yang Baik

Anak-anak belajar dari orang tua mereka. Jadi, tunjukkan kesabaran dalam tindakan sehari-hari SuperParents. Misalnya, bersabar dalam antrean atau ketika menunggu makanan di restoran.

2. Ajarkan Pentingnya Menunggu

Jelaskan kepada anak mengapa menunggu itu penting. Misalnya, 'Jika kita menunggu kue ini selesai dipanggang, rasanya akan lebih enak.'

3. Buat Aktivitas yang Membantu Mengembangkan Kesabaran

Libatkan anak dalam aktivitas yang membutuhkan waktu dan kesabaran, seperti bermain permainan yang membutuhkan giliran. SuperParents juga bisa mengajak anak untuk merenungkan kisah Alkitab melalui tayangan animasi Superbook di youtube channel Superbook Indonesia yang bisa mengajarkan anak tentang kesabaran.

Kesabaran adalah kualitas penting yang harus diajarkan kepada anak sejak dini. Dengan contoh yang baik, aktivitas yang mendukung, dan panduan dari Alkitab, SuperParents bisa membantu anak belajar menjadi lebih sabar. Ingatlah bahwa proses ini membutuhkan waktu dan usaha, tetapi hasilnya akan sangat berharga. So, semangat ya SuperParents membimbing anak-anak menjadi pribadi yang sabar!

Sssssttt... Papa, Mama, Om, Tante semuanyamari bergabung mengikuti event Family Run 2024 yang akan diadakah CBN pada, Sabtu 22 Juni 2024 di Gelora Bung Karno (GBK), Area Plaza Utara. Selain olahraga, dan main games seru di setiap boothnya, kita juga bisa ciptakan momen berharga bareng keluarga. Seru kan? Makanya buruan daftar yaa!

Daftar di sini

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK