ARTICLE

Tue - Jun 11, 2024 / 93 / Parenting

Tips Agar Kesabaran Anak Gak Setipis Tisu

Kesabaran adalah sebuah keahlian yang tak ternilai dalam kehidupan kita sehari-hari. Untuk itu wajib bagi SuperParents nih untuk tanamkan sifat penyabar pada diri anak sejak dini. Meski dalam prakteknya, mengajarkan anak-anak untuk sabar terkadang juga bisa menguras kesabaran kita sebagai orang tua ya. Lalu gimana dong caranya SuperParents bisa mengajarkan anak agar kesabaran mereka gak hanya setipis tisu? Mari latih kesabaran anak-anak melalui cara berikut:

1. Ajarkan Arti Sabar

Sabar merupakan sebuah kemampuan untuk menahan diri, tetap tenang, dan tidak terburu-buru dalam menghadapi situasi sulit, masalah, atau penantian. Jadi SuperParents, sebelum mengajarkan kesabaran pada anak lebih jauh, SuperParents wajib nih untuk mengenalkan arti sabar terlebih dulu pada anak.

2. Melakukan Permainan Giliran

Permainan yang membutuhkan antrian atau giliran adalah cara yang bagus untuk mengajarkan kesabaran. Karena dengan membiarkan anak menunggu, maka anak dapat berlatih untuk sabar. Misalnya SuperParents bisa mengajak anak-anak bermain 'Ular Tangga atau Uno Game'.

BACA JUGATuhan Menguji Kejujuran Kita

3. Membuat Kerajinan Tangan

Cobalah ajak anak membuat kerajinan tangan seperti menggambar, melukis, atau membuat suatu karya dari tanah liat yang memerlukan waktu dan ketelitian. Dengan aktivitas ini, anak-anak akan belajar apa itu proses dan mengajarkan bahwa hasil yang baik membutuhkan waktu dan juga usaha.

4. Beri Penghargaan

Memberikan penghargaan kecil ketika anak berhasil menunjukkan kesabaran bisa sangat efektif. Ini bisa berupa pujian, pelukan, atau sesuatu yang mereka sukai. Penghargaan ini bisa menjadi motivasi mereka untuk terus bersabar lho.

5. Berdoa Bersama

Kunci yang utama adalah ajak anak-anak untuk berdoa bersama, anak-anak bisa minta Tuhan memberikan mereka kesabaran. Ingatkan pada mereka juga bahwa kesabaran adalah buah dari Roh Kudus, seperti yang tertulis dalam Galatia 5:22: 'Tetapi buah Roh ialah kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan.'

Dengan melakukan beberapa tips ini, SuperParents bisa membantu anak-anak belajar dan mengembangkan kesabaran serta menghargai sebuah proses. Ingatlah juga bahwa SuperParents wajib untuk selalu memberikan contoh teladan yang baik dalam kesabaran itu sendiri dan terus mendukung mereka dengan penuh kasih.

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK