ARTICLE

Fri - Sep 18, 2020 / 309 / Sunday School

Tips Memilih Lagu dan Memaksimalkan Pujian di Sekolah Minggu

“Duh mau lagu persembahannya apa ya? Kemarin sudah Ku Bri Persembahan dan Persembahan Kami. Ehmm… Oh iya, Adalah Sukacita di Hatiku belum pernah. Sip ini aja!” pikir mimin saat persiapan sekolah minggu.

Hayo siapa kakak guru sekolah minggu (GSM) yang mengalami hal sama seperti mimin? Bingung banget saat memilih lagu pujian untuk dibawakan di sekolah minggu supaya ibadahnya semakin menarik dan tidak membosankan bagi anak. Ternyata nggak mudah ya kak untuk memilih lagu yang pas dan bisa membantu anak-anak menikmati ibadah.

Nah ternyata Superbook punya solusi untuk kita semua lho:

Baca juga : BELAJAR TENTANG PENGORBANAN KRISTUS DENGAN PERCOBAAN ILMIAH YANG KEREN!

  1. Pilih lagu yang sesuai dengan bahan atau materi firman

Dengan pemilihan lagu yang tepat, maka anak-anak tidak hanya menyanyikan lagu tersebut tapi juga bisa menghayati firman Tuhan yang diajarkan kak. Kakak harus mengetahui poin utama dari firman yang akan disampaikan. Setelah itu pilihlah lagu yang berkaitan. Misalnya firman Tuhan tentang bersyukur, maka lagu pengantar firmannya bisa berjudul “Ku Berikan Syukurku”.

 

  1. Bawakan lagu dengan ceria saat lagunya bernuansa keceriaan

Keceriaan yang kita miliki itu dibangun oleh diri sendiri. Dari wajahnya, sikap, dan pembawaan kakak. Kakak-kakak harus memperlihatkan mood yang baik, sehingga kakak bisa menyampaikan keceriaan itu dengan natural.

 Baca juga : MERAYAKAN HARI PRAMUKA SAMBIL BELAJAR DI SEKOLAH MINGGU

  1. Miliki jiwa semangat

Kakak-kakak harus mengerti kalau yang kakak sedang layani ini adalah generasi yang begitu excited dan bersemangat. Jadi kita juga harus bersemangat juga. Ini terpancar dari pakaian, gestur tubuh, persiapan penampilan, kata-kata, dll.

 

  1. Harus hafal lirik

Ini yang paling penting! Kakak-kakak harus hafal lirik lho. Jangan sampai kita yang memimpin lagu, eh malah kita yang lupa sama liriknya. Nanti anak-anak jadi ikutan bingung saat bernyanyi. Lalu jika lagunya ada gerakannya juga, sebaiknya kakak juga hafal dengan gerakannya. Memang kelihatannya sepele sih ya, tapi ini harus banget dipersiapkan dengan baik agar sekolah minggu bisa berlangsung lancar.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK