ARTICLE

Fri - Aug 14, 2020 / 245 / Sunday School

Merayakan Hari Pramuka Sambil Belajar di Sekolah Minggu

Hayo ada yang tahu nggak, hari ini kita merayakan apa? Banyak lho yang nggak tahu kalau ternyata hari ini adalah Hari Praja Muda Karana (Pramuka) yang ke-59 tahun 2020. Wah pasti semua anak pernah donk mengikuti kegiatan pramuka di sekolahnya. Nah untuk mengobati kangen anak-anak dengan pramuka, kakak guru sekolah minggu bisa lho membuat trik sulap dengan tali-temali sambil mengajarkan firman Tuhan.

Trik ini bisa disampaikan secara tatap muka maupun jika kakak mengajar sekolah minggu secara online lho! Simak yuk bagaimana caranya.

Alat dan bahan:

Seutas tali sepanjang ½ meter dan gunting

Cara :

Pertama-tama, kakak bisa menunjukkan kalau tali itu merupakan tali yang utuh (normal). Jelaskan kepada anak-anak bahwa tali yang utuh ini adalah diri kita yang penuh dengan kasih, sukacita, damai sejahtera.

Lalu satukan ujung kanan dan kiri. Bawahnya kemudian di angkat ke atas, ambil bagian tali sebelah kiri dan masukkan. Lalu bagian tali sebelah kiri yang diambil tadi diangkat ke atas lalu jepit dengan jari telunjuk dan ibu jari. Seperti di gambar.

Setelah melakukan hal itu, jelaskan kepada anak-anak bahwa jika mereka sakit hati, marah,  kecewa, dan hilang damai sejahtera talinya kan tergunting seperti tali ini. Kakak bisa ambil gunting, lalu potong lingkaran tali yang terbentuk dari langkah nomor 2 tadi.

Turunkan ujung tali paling kanan kakak, lalu ujung tali paling kiri. Jelaskan kepada anak-anak sambil mengikat tali, “Kalau kita tidak dipulihkan maka sakit hati dan kekecewaan tersebut jadi ada dalam diri kita, seperti tali ini yang ada ikatan di tengah-tengahnya. Ada yang mengganjal dalam hidup kita.”

Kakak bisa beberapa kali memindahkan ikatan tadi sambil mengatakan, “Nah ganjalan ini adalah kemarahan, kebencian, sakit hati, bahkan bisa menimbulkan kepahitan dalam diri kita. Oleh karena itu, kita harus menghilangkan perasaan itu dengan cara mengundang Roh Kudus dalam diri kita supaya kita dipulihkan.

Bagaimana caranya Roh Kudus memulihkan hidup kita? Kakak bisa praktikkan dengan melilitkan tali ke tangan sambil menarik ikatan tali yang terpotong tadi sampai terlepas (jangan sampai terlihat anak-anak ya kak). Praktikkan ini sambil berkata, “Dengan berdoa, membaca firman, sekolah minggu sungguh-sungguh, dan tetap mengandalkan Tuhan supaya Roh Kudus hadir dalam hidup kita.”

Setelah Roh Kudus hadir dalam hidup kita, maka Roh Kudus akan memulihkan hidup kita sama seperti tali ini.” Kakak bisa memeragakan sambil perlahan membuka lilitan tali di tangan. Perlihatkanlah kalau tali itu sudah balik seperti semula dan utuh, tidak terpotong atau terikat.

Untuk video lengkap bagaimana cara mempraktikkan trik ini, kakak bisa menontonnya pada video di bawah ini menit ke 51

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK