ARTICLE

Thu - Jul 05, 2018 / 1431 / Sunday School

Tips Cegah Kelas Bandel di Sekolah Minggu. Tips Ketiga Dijamin Ampuh!

Siapa bilang jadi Guru Sekolah Minggu itu gampang? Banyak sekali kesulitan yang menanti. Apapun jadwal kakak, entah bertugas memimpin puji-pujian, mendampingi pengajar, atau mengajar, kakak harus selalu stabil di depan anak-anak.

Apalagi jika kakak bertugas mengajar. Kakak harus menunjukkan ketegasan dengan cara yang penuh kasih. Kadang suka bingung ya, pengen tegas tapi takut terlalu keras.

1. Buat ‘aturan di dalam kelas’

Kakak harus mengerti dulu nih standar tertib yang mau kakak ciptakan. Tempel di dinding kelas dalam bentuk gambar. Buat gambar kreatif karena anak lebih mudah mengingat peraturan yang digambar daripada mendengar ocehan kakak.


Sumber: ClipartsXtras

2. Buat anak-anak mengerti tujuan ‘aturan di dalam kelas’

Jelaskan ke anak-anak respons apa yang kakak harapkan dari mereka mengenai ‘aturan di dalam kelas’. Jika setiap orang tahu tugasnya dan bisa bekerja sama, maka kelas Sekolah Minggu akan berjalan sesuai harapan kakak.

Baca juga: 4 HAL YANG BISA MEMBANTU KELAS SEKOLAH MINGGU MENJADI MENGASIKKAN UNTUK BELAJAR

3. Buat tantangan atau persaingan kecil

Anak-anak sangat suka dengan tantangan. Ciptakan sebuah tantangan yang berlaku untuk semua anak di dalam kelas. Tantangannya harus sesuatu yang membuat mereka bisa menjaga konsentrasi ya kak.

Kakak juga bisa membuat persaingan kecil dengan cara memisah kelas menjadi dua tim. Misalnya anak-anak yang duduk di sisi kiri dan kanan kakak. Masing-masing tim diberi gelas transparan yang berisi 5 butir kelereng. Taruh kedua gelas tersebut di depan kelas agar semua bisa melihat isinya.

Sumber: Pixabay 

Jika salah satu anak melanggar ‘aturan di dalam kelas’, maka keluarkan 1 butir kelereng dari gelas transparan tim tersebut. Satu kali pelanggaran mengakibatkan satu butir elereng dikeluarkan dari gelas tim. Di akhir kelas, hitung jumlah kelereng yang tersisa di masing-masing gelas. Tim dengan jumlah kelereng lebih banyak memenangkan persaingan kecil ini dan anggotanya berhak mendapatkan permen atau snack lebih banyak.

4. Minta bantuan anak remaja

Kakak pasti ga mau donk kelas keteteran hanya karena kakak harus terus-terusan menegur satu anak yang bandel. Mintalah bantuan kakak-kakak remaja atau pemuda yang mungkin dekat dengan kakak untuk menjadi Helper di kelas Sekolah Minggumu. Yeah, siapa tau dia tertarik untuk jadi guru sekolah minggu juga setelah keseringan membantumu. He..he..he..

Selamat mengajar ya kak! Selamat melayani anak-anak. Bangga kan jadi Guru Sekolah Minggu? Aku sih bangga! (CG)

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK BAGIKAN ARTIKEL INI.

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK