ARTICLE

Thu - May 09, 2019 / 1721 / Sunday School

Tips Bagi Guru Sekolah Minggu untuk Mempersiapkan Iman Anak Pra Remaja

Selain anak-anak, anak pra remaja dan remaja merupakan aset penting bagi gereja dan Kristus. Mereka adalah bagian penting dari pekabaran Injil yang seringkali di kesampingkan. Setelah dalam artikel sebelumnya kita mengetahui pergumulan dan cara membuat anak pra remaja bisa menumbuhkan iman mereka sekarang waktunya apa yang harus kita lakukan sebagai guru sekolah Minggu.

Sebelumnya, mari kita mengenali apa saja sih yang menjadi batu sandungan bagi anak pra remaja dalam pertumbuhan imannya:

1. Diri sendiri

Godaan, keegoisan, dan kesombongan adalah hambatan mereka dalam menjalani hidup Kristen yang tidak memikirkan diri sendiri. Inilah tantangan mereka saat belajar untuk lebih mementingkan kepentingan Tuhan dibandingkan dirinya sendiri. Karena pada masa ini, biasanya anak berada dalam masa peralihan belajar hidup menjadi berkat untuk orang lain dan menempatkan Kristus menjadi paling utama dalam hidupnya.

2. Teman sebaya

Kendala terbesar pertumbuhan iman pra remaja juga berasal dari teman-teman sebaya mereka. Jika mereka terjun ke dalam pergaulan dimana pengembangan spiritualitas bukan hal yang utama, bahkan dijauhi maka bagaimana iman mereka bisa bertumbuh? Apalagi ketika mereka masuk dalam pergaulan yang salah tapi mereka tetap ingin dianggap temannya. Misalnya saja teman-temannya suka bergosip, berkata kasar dan jorok, merokok, dll.

3. Lawan jenis

Bukan melarang, tapi sebaiknya anak pra remaja tidak berpacaran dulu. Hubungan yang terlalu muda bisa mengakibatkan mereka salah mengambil keputusan, terpengaruh secara emosional maupun fisik. Remaja yang tidak terganggu oleh lawan jenisnya biasanya mempunyai citra diri yang positif. Inilah tugas orangtua agar menanamkan sedari kecil dan mendorong anak untuk melakukan visi yang besar dalam hidupnya.

 

Nah setelah mengenali apa saja yang bisa mempengaruhi perkembangan iman anak pra remaja, sekarang guru sekolah Minggu bantu yuk untuk mempersiapkan mereka. Oleh karena itu, Superbook merangkum tipsnya menjadi beberapa poin :

1. Tetap pada pesan Tuhan

Penting bagi anak agar percaya pada Tuhan saat melewati hari-hari yang indah maupun buruk. Jadikan Tuhan yang pertama dan utama dalam hidup anak. Sekolah Minggu bisa membantu mereka dalam mengingat firman Tuhan agar anak bisa mengambil keputusan yang benar saat dewasa.

2. Beritahukan tentang kebesaran Tuhan

Tekankan dan ajarkan berulang kali tentang betapa besarnya Tuhan kita. Walaupun di zaman yang serba teknologi ini membuat anak berpikir lebih logis dan sulit mempercayai yang tidak kelihatan, tapi tetap jelaskan bahwa bersama Tuhan mereka bisa melakukan hal yang mustahil sekalipun.

3. Fokus pada hubungan dengan Tuhan

Hubungan dengan Tuhan itu lebih penting daripada “hanya mendapatkan pelajaran”. Jadi lebih penting anak belajar hubungan yang penuh kasih dari GSM karena akan mereka ingat sampai dewasa saat menghadapi pergumulan, dibandingkan hanya hafal anaknya Abraham dan cucu-cucunya. Dari teladah hubungan tersebut, anak akan belajar betapa Tuhan juga mencintai mereka lewat orang-orang disekitarnya.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK