ARTICLE

Tue - Jul 04, 2017 / 2049 /

Tips Ampuh Cara Aman Dampingi Anak Anda di Sosial Media! (1)

Selain wajib mendampingi seorang anak untuk dapat menjalani kehidupan di dunia nyata, orangtua saat ini juga harus mempersiapkan diri untuk melakukan hal yang sama kepada anak di dunia maya. Mengapa? Karena saat ini anak-anak telah akrab dengan dunia maya sejak akses internet mudah untuk digunakan.

Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan, 22 persen remaja masuk ke situs media sosial favoritnya lebih dari 10 kali sehari, dan sekitar 75 persen mengecek akun media sosial di ponsel pribadinya. Keterlibatan yang erat dengan media sosial meningkatkan risiko cyberbullying, depresi Facebook (fenomena baru di mana saat seseorang menghapus pertemanan dan juga bullying online memicu gejala depresi), paparan konten untuk dewasa, dan sebagainya. 

Perilaku netizen memang sudah terlalu bebas. Mereka dengan mudah mencela, bahkan memfitnah seseorang yang bahkan tidak mereka kenal.  Menurut Widuri dari LSM Information, Communication, Technologi (ICT) Watch yang salah satu programnya adalah internet sehat, internet bagaikan pasar atau mal yang bisa membuat seorang anak tersesat. 'Butuh pendampingan dan pengawasan orangtua,' ujarnya.

Meski saat ini sudah ada aplikasi atau alat untuk membatasi apa yang bisa dilihat anak di internet, namun menurut Widuri yang terpenting adalah komunikasi anak dan orangtua. 'Jangan cuma mengandalkan alat, tapi jalin komunikasi terbuka dengan anak, termasuk tentang etika di dunia maya,' katanya.

Berikut adalah beberapa tips mendampingi anak mengarungi dunia maya.

1. Lebih pintar dari anak

Tidak semua orangtua aktif di media sosial, tapi jika anak Anda memakai sosial media, sebaiknya Anda juga dan berteman dengannya. Paling tidak Anda bisa melihat apa yang mereka posting dan siapa saja yang berinteraksi dengannya. 

Saat ini ada banyak jenis sosial media. Tanyakan pada anak sosial media yang mereka gunakan dan juga cara menggunakannya. 'Jangan takut dibilang gaptek, yang penting orangtua tahu,' kata Widuri.

2. Usia minimal

Anak berusia kurang dari 12 tahun sebenarnya belum memerlukan punya akun media sosial sendiri karena pertemanan lebih luas belum menjadi kebutuhan mereka. Beri pengertian pada anak bahwa mereka lebik baik berkomunikasi langsung di dunia nyata dengan teman-temannya.

3. Cek gadget-nya

Bila Anda menyediakan laptop atau komputer di rumah, letakkan di ruang bersama ketimbang di kamar tidurnya. Selain itu, periksalah secara rutin komputer dan juga ponsel anak. Karnanya orangtua harus tahu password gadget anak. Bila anak merasa kebebasannya dibatasi, orangtua bisa menunjukkan sikap adil dengan cara tidak memproteksi gadgetnya sehingga anak juga bisa melihat. 

 

Sumber : kompas.com

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK