ARTICLE

Tue - May 25, 2021 / 1186 / Parenting

Ternyata di Alkitab ada Cara Mengasuh Anak yang Sesuai Kebenaran Firman Tuhan , Simak Yuk

pertanyaan yang sering dilontarkan oleh keluarga Kristen adalah bagaimana mengasuh anak. Mereka ingin saran spesifik dan praktis untuk membesarkan anak-anak mereka dengan cara terbaik. Pasangan suami istri biasanya memahami tanggung jawab umum mereka sebagai orang tua, tetapi berkenaan betapa perlunya bantuan dalam hal spesifik komitmen-komitmen mereka pada Alkitab untuk secara optimal mengawasi dan melatih anak-anak mereka. Kali ini kita akan membahas apa saja yang harus dilakukan bagi proses pengasuhan anak


1. Injililah Anak Anda


Karena cinta Anda yang besar untuk anak-anak Anda, sungguh-sungguhlah berusaha untuk menjadi saksi atau penginjil yang konsisten bagi mereka atas iman Anda sendiri, serta seringlah berbicara dengan mereka tentang hakekat hubungan mereka dengan Tuhan. Jalanilah hidup sedemikian rupa dekat dengan anak-anak Anda bahwa Anda menggenapi semangat perintah Paulus kepada Timotius: “Lakukanlah pekerjaan pemberita Injil” (2 Timotius 4: 5). Selain itu, carilah kesempatan, memberitakan Injil kepada orang lain dengan siapa Anda berhubungan, sehingga mudah-mudahan menanamkan pada anak-anak Anda keinginan yang sama untuk berbagi pesan abadi ini (1 Korintus 15: 1-4).

2. Ajarkan kepada Anak-Anak Anda Firman Tuhan

Secara teratur ajarilah anak-anak Anda Firman Allah, baik melalui hidup Anda (yang ingin menjadi contoh serupa Kristus kepada mereka (1 Yohanes 2: 6), dan komitmen proaktif dan konsisten melakukan kebaktian atau ibadah keluarga. Terutama sebagai ayah (serta ibu tunggal juga), Anda memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan kebenaran Alkitab kepada anak-anak Anda untuk kebaikan mereka (Ulangan 6: 4-9).

 

Baca Juga : RAHASIA AGAR IBADAH SEKOLAH MINGGU ONLINE TAMBAH MENYENANGKAN

 

3. Disiplinkan Anak-anak Anda

Ketika anak-anak Anda perlu koreksi (saat, ketika mereka masih muda, mungkin tampak “pernah dan selalu”), disiplinkanlah mereka dengan apa yang disebut Alkitab sebagai “tongkat teguran.” Orang tua-orang tua yang benar-benar mencintai anak-anak mereka akan ingin melakukan hal ini dengan cara peduli, konsisten, namun tegas, berusaha untuk menghindari kekerasan dan kemarahan. Alkitab mengatakan bahwa ketika Anda melakukannya, anak-anak akan berhenti melakukan kebodohan mereka dan menjadi bijaksana (Amsal 13:24; 19:18; 22:15; 23: 13-14).

4. Awasilah dengan hati-hati Kata-kata Anda

Kata-kata adalah alat yang sangat kuat untuk berbuat baik atau jahat! Mereka dapat dengan baik membangun atau juga meruntuhkan. Berbicaralah dengan pasangan Anda, anak-anak Anda, dan lain-lain dengan hikmat ilahi supaya Anda dapat mendidik dan mendorong (Amsal 4:24; 6:12; 10:32, 19:1). Anak-anak Anda memperhatikan Anda dengan seksama, dan apa yang Anda katakan (termasuk bagaimana Anda mengatakannya), akan memiliki efek mendalam dan membekas pada mereka. Latihlah anak-anak Anda untuk tidak berbicara curang, kasar dan jorok (Efesus 4: 29-31).

5. Tunjukkanlah Kepada Anak Anda Kasih Anda kepada Allah dan Manusia

Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri (Matius 22: 37-40). Hadiah terbesar yang dapat Anda berikan kepada anak-anak Anda adalah dengan menunjukkan kepada mereka seluruh kasih Anda kepada Yesus Kristus! Apa yang seharusnya mengalir dari gairah ini adalah juga kasih Anda untuk tetangga Anda, yang tentunya mencakup keluarga dekat Anda. Memperluas lingkaran pengaruh ini adalah keinginan Anda untuk menjalani kehidupan spiritual yang murni dan yang tak bercacat di hadapan Allah, Bapa kita, ialah mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka, dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia (Yakobus 1:27). Berdoalah agar contoh kasih Anda akan memiliki dampak yang besar pada anak-anak Anda.

 

Claudia Yunika

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK