ARTICLE

Mon - Aug 19, 2019 / 359 / Parenting

TAKUT PELECEHAN SEKSUAL TERJADI PADA ANAK KITA? YUK, KENALI PENCEGAHANNYA!

Semakin hari, kasus pelecehan seksual semakin sering terjadi di Indonesia. Bahkan, yang baru-baru ini terdengar adalah oknum gereja menjadi pelakunya, dan korbannya adalah anak-anak! Ini pertanda bahwa pelecehan seksual bisa menyerang siapa saja dan dimana saja. Anak-anak pun bisa menjadi korban, lho, terutama bagi anak-anak wanita.

Tapi, SuperParents bisa menghindari hal-hal tersebut terjadi, salah satunya dengan mengatur cara anak berpakaian, karena banyak anak-anak kecil jaman sekarang yang berpakaian tidak sesuai dengan umurnya. Dengan mengatur, kita bisa mengajari mereka agar terbiasa berpakaian sopan, tapi tetap enak dilihat sedari dini. Ini dia beberapa cara yang SuperParents bisa lakukan.

Baca juga: CARA AMPUH MENINGKATKAN PRESTASI ANAK DI SEKOLAH!

  1. Sampaikan soal pentingnya berpakaian sopan berulang-ulang

Kita, sebagai orang tua, punya kuasa untuk mengingatkan mereka. Beritahu alasan kenapa mereka harus berpakaian dengan tepat, dan apa resikonya kalau mereka berpakaian tidak tepat. SuperParents bisa berikan contoh, seperti bisa terjadi hal yang tidak-tidak, entah ketika mereka masih kecil atau ketika mereka sudah beranjak besar, karena terbiasa berpakaian seperti itu.

Lalu, jangan lupa SuperParents ajarkan itu secara berulang-ulang, ya. Karena di Ulangan 6;7 berkata “Haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.”

Sumber: Aapkajawab
  1. Jadi teladan soal berbusana

Pernah mendengar kalimat “Khotbah yang powerful adalah khotbah yang dihidupi”? Nah, selain SuperParents sampaikan secara berulang, akan semakin powerful kalau SuperParents menjadi role model mereka dalam berpakaian yang cantik dan sopan. Karena, anak-anak biasanya cenderung mengikuti kebiasaan orang tua mereka, lho.

  1. Berani katakan “TIDAK”

Selain mengajarkan dan memberi contoh kepada anak, SuperParents juga harus berani mengatakan “TIDAK” pada anak ketika mereka memakai pakaian yang tidak pas. Dengan mengingatkan anak, ia menjadi semakin paham bagaimana cara berpakaian sopan, tapi tetap cantik.

Baca juga: PELAYANANKU, PERSIAPANKU: (PART 1) SI PEMIMPIN MUDA YANG TIDAK SABAR

SuperParents mungkin berpikir ini masih terlalu dini. Tapi, tahukah jika anak-anak sudah mengerti ini sedari kecil, mereka akan semakin paham ketika remaja dan dewasa. Itu akan membantu mereka juga untuk terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan ketika mereka beranjak dewasa, lho. Jadi, ayo ingatkan anak kita masing-masing!

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK