ARTICLE

Thu - Oct 25, 2018 / 337 / Inspirational

Sudah Kerja Bertahun-tahun Tapi Belum Punya Tabungan? Ini Solusinya

Besar pasak daripada tiang. Kebiasaan manusia tentang hal yang satu ini emang susah dihilangkan, harus dengan niat yang betul-betul dan dijalankan dengan sangat terpaksa.

Padahal, dulu waktu penghasilannya hanya 1.000.000/bulan, dia tetap bisa hidup dan kebutuhannya terpenuhi. Eh, giliran gaji udah 3jutaan, mulailah ia mencicil beberapa barang, dan yang ada malah gajinya dirasa sudah nggak cukup lagi.

Berikut ini saran untuk membantu mumengelola keuangan dan mengekang pengeluaranmu.

Pisahkan uang yang mau kamu tabung

Kebanyakan orang terbalik ketika mengatur ini. Mereka menghabiskan uangnya untuk keperluan selama sebulan, belanja yang mereka inginkan, sisanya barulah ditabung. Padahal cara ini salah loh.

Yang harus kamu lakukan pertama kali adalah memisahkan uang yang akan ditabung. Normal persentase tabungan adalah 30% dari penghasilan.

Bikin anggaran belanja bulanan

Hal ini sangat penting agar kamu tahu mana yang benar-benar dibutuhkan dan yang hanya sekedar kamu inginkan. Ini juga termasuk anggaran jika kamu ingin menyisihkan penghasilanmu untuk orangtuamu. Normalnya persentase pengeluaran untuk belanja adalah 30% dari penghasilan.

Kendalikan jumlah cicilan dan tagihan lainnya

Kalau kamu sedang berencana untuk mencicil sesuatu, pastikan jumlah cicilan yang harus kamu bayar per bulan maksimal 30% dari penghasilanmu. Ini termasuk hitungan untuk asuransi kesehatanmu juga loh. Tahan diri untuk belanja barang-barang yang bukan menjadi kebutuhanmu.

Kemana 10% nya?

Ya pasti untuk Tuhan lah. Jangan lupa loh karena sepersepuluh dari penghasilan kita adalah hak Tuhan. Jadi, kamu harus tetap mengembalikannya ke Tuhan.

Maleakhi 3:10 Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.

Dengan mengembalikan sepersepuluh penghasilan kita ke Tuhan, nggak akan bikin hidup kita jadi berkekurangan kok. Karena Tuhan sudah berjanji akan mencurahkan berkat sampai berkelimpahan. Yang harus kita lakukan adalah taat!

Baca juga: CARA MENGHADAPI MASALAH YANG MUDAH DAN AMPUH

KATA ALKITAB TENTANG BERKAT TUHAN

CARA MUDAH MENGAJARI ANAK REMAJA ANDA MENGELOLA UANG

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK