ARTICLE

Wed - Jun 23, 2021 / 707 / Parenting

Stres Jadi Orang Tua, Mungkin Anda Mengalami Parental Burnout! Atasi Secepatnya

Jadi orang tua memang bukan perkara yang mudah. Sudah kerja capek-capek, harus menjaga dan mendidik anak. Bagi yang ibu-ibu apalagi, masih ada segudang pekerjaan rumah yang menumpuk setiap hari seperti tidak akan pernah selesai. Mendapatkan waktu me time pun sudah sangat bersyukur.

Sebagai orang tua, kita juga sebisa mungkin tetap sabar dan bijak saat mengasuh anak. Tapi kadang secara tidak sadar, kita sendiri mengalami Parental Burnout yang kalau didiamkan terus bisa berdampak bagi kesehatan mental maupun fisik.

Baca juga : STOP MELABELI ANAK SEBAGAI ANAK NAKAL, KARENA KENYATAANNYA BERIKUT INI

Apa itu Parental Burnout?

Parental Burnout adalah kelelahan yang orang tua alami sehingga merasa sangat buruk, bersalah, malu, bahkan merasa tidak punya apa-apa untuk anak. Parental Burnout ini bisa berdampak bagi kesehatan lho, seperti menyebabkan ketidakseimbangan hormon, gairah seks menurun, dan berdampak pada kesehatan mental.

Kesehatan mental yang terganggu contohnya berupa brain fog, temperamental, kebingungan, gampang lupa, stress meningkat, pola tidur buruk, perasaan terisolasi, depresi, dll.

Apa yang harus dilakukan kalau kita mengalami Parental Burnout?

  1. Komunikasikan perasaan kita dengan pasangan
  2. Perhatikan asupan gizi dan olahraga untuk meningkatkan hormon bahagia
  3. Hindari menyalahkan diri sendiri
  4. Luangkan waktu untuk self care
  5. Minta bantuan pasangan, orang tua, atau orang terdekat untuk bergantian merawat si kecil
  6. Cari bantuan professional bila sudah sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca juga : PEDOMAN ALKITABIAH UNTUK AYAH DALAM MENERAPKAN POLA ASUH KEPADA ANAKNYA

Ayat Alkitab yang bisa menguatkan Superparents disaat mengalami Parental Burnout

Ulangan 31:6

Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.'

Mazmur 23:4

Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku: gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.

Mazmur 37:23-24

TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan pkepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang  tangannya.

Mazmur 55:22

Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau!Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah.

Amsal 17:22

Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah  mengeringkan tulang.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK