ARTICLE

Wed - Oct 10, 2018 / 354 / Parenting

Single Parent Butuh 10 Cara Ini Untuk Mengurangi Stres Dalam Mengasuh Anak (2)

Banyak hal yang berubah setelah kamu menjalani hidup sebagai seorang single parent. Kamu harus menyesuaikan diri dengan cepat agar anakmu tidak terpengaruh dengan keadaan yang sedikit berubah.

Baca artikel sebelumnya: SINGLE PARENT BUTUH 10 CARA INI UNTUK MENGURANGI STRES DALAM MENGASUH ANAK (1)

6. Rutinitas harian di rumah harus tetap berjalan seperti biasa

Anak butuh rutinitas yang terstruktur. Jangan sampai ketika ia harus kehilangan salah satu orangtua, ia merasakan suasana yang labil dan berbeda. Rutinitas akan membantu anak merasa lebih aman.

7. Perhatikan orang yang membantu merawat anakmu

Siapapun yang membantumu merawat anakmu, baik itu baby sitter, keluarga, maupun orangtuamu, bicarakan dengan mereka tentang metode yang kamu gunakan dalam mendidik anak dan seberapa konsisten disiplin yang kamu terapkan pada anak.

8. Bantu anakmu menikmati dunia mereka

Memberi informasi tentang keadaan keluarga kepada anak bukan berarti membuat mereka harus mengerti dan turut menanggung beban keluarga.

Anakmu tetap berhak menikmati masa kanak-kanak dan bertumbuh dengan wajar. Tahan dirimu untuk memperlakukan dan memaksa mereka mengerti keadaanmu.

9. Berpikir, berkata dan bertindaklah positif

Ketika seseorang nggak mampu lagi menanggung suatu beban, ia cenderung melampiaskannya  melalui pikiran, perkataan, dan tindakan negatif. Sebagai orang Kristen, meskipun posisimu sekarang adalah orangtua tunggal, jangan sampai tergoda melampiaskannya ke anak. Anak bergantung pada setiap kata yang kamu ucapkan dan tindakanmu. Perlakuanmu ke anak bisa membentuk karakter mereka.

10. Jaga dirimu baik-baik dan tingkatkan standarmu

Aktivitasmu pasti sangat menyita kesehatanmu. Untuk itu kamu perlu istirahat yang cukup. Jaga pikiranmu tetap positif, lupakan masa lalu dan melangkahlah ke masa depan. Jangan lupa bawa setiap masalahmu ke Tuhan, Dia nggak akan pernah membiarkanmu melewati setiap kesusahan seorang diri.

Baca juga: ALASAN SEDERHANA MENGAPA SUPER MOMS HARUS PUNYA WAKTU UNTUK BERDOA

5 TIPS AMPUH MENJADI IBU YANG SABAR DAN PENYAYANG, KAMU SUDAH LAKUKAN YANG MANA?

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK