ARTICLE

Wed - Dec 01, 2021 / 636 / Inspirational

Simak 7 Tradisi Unik Natal di Dunia dan Indonesia, Kalau Daerahmu Seperti Apa?

Dibanding dengan Paskah, Natal memang lebih identik dengan kemeriahan dan pesta. Natal dikenal dengan hari ulang tahunnya Tuhan Yesus dan disambut di seluruh dunia. Di berbagai belahan dunia, Natal adalah hari yang ditunggu-tunggu. Nah di berbagai negara dan Indonesia sendiri nih, ada tradisi-tradisi unik yang dilakukan selama bertahun-tahun.

Mau tahu apa saja tradisi mereka dan bagaimana cara mereka merayakannya?

  1. Caracas

Satu minggu sebelum merayakan Natal, masyarakat Caracas akan mendatangi gereja untuk mengikuti misa. Mereka menggunakan roller blade, skate board, sepatu roda meluncur menghadiri misa tersebut.

 

  1. Jerman

Setiap malam 5 Desember, anak-anak di Jerman selalu menyimpan sepatu boot di luar kamar mereka. Pada saat pagi hari, mereka akan menemukan sepatu boot itu penuh dengan permen atau makanan kecil lainnya.

 Baca juga : SIAPA SAJA SIH CRAZY RICH VERSI ALKITAB? INILAH 10 TOKOH-TOKOH KONGLOMERAT DI ALKITAB

  1. China

Di China, rumah-rumah orang yang merayakan Natal akan dihiasi dengan lentera dan kertas. Perayaan Natal di negeri tirai bambu ini, akan mencapai puncaknya di tahun baru. Pada saat itu, semua anak akan mendapatkan hadiah berupa baju baru, makanan serba mewah, mainan baru, dan bermain kembang api.

 

  1. Bethlehem

Di tempat kelahiran Tuhan Yesus sendiri, Natal dirayakan dengan sangat meriah. Kota akan dihiasi dengan umbul-umbul dan hiasan Natal. Dan ketika malam Natal tiba, semua turis akan berkumpul di gereja sambil menyaksikan opera dan arak-arakan. Semua rumah umat kristiani di Bethlehem akan ditandai silang pada pintunya masing-masing dan dipasangkan sebuah bintang berukuran raksasa di alun-alun kota.

 

  1. Irlandia

Ketika malam Natal, keluarga di Irlandia akan menyalakan lilin di rumah, dan yang menyalakannya adalah anak yang paling kecil di keluarga tersebut. Lilin itu diletakkan di jendela yang besar dan tidak boleh mati semalaman penuh. Lilin itu berfungsi sebagai penerang orang lain yang sedang mencari tempat teduh. Mereka percaya bahwa orang yang berteduh di dekat lilin rumah mereka adalah bunda Maria dan Yusuf.

 Baca juga : INILAH 6 AYAT ALKITAB YANG MEMBUKTIKAN NUBUATAN TENTANG KELAHIRAN YESUS

  1. Sumatera Utara

Orang Sumatera Utara pasti tidak asing lagi dengan tradisi Marbinda. Tradisi ini mirip dengan Idul Adha dimana orang mengorbankan sejumlah hewan korban. Hewan yang dikorbankan ini adalah hasil patungan selama berbulan-bulan sebelum Natal tiba.

 

  1. Flores

Meriam bambu adalah tradisi yang dilakukan oleh anak-anak di Flores. Untuk membuatnya membutuhkan abu dapur dan minyak tanah dimasukan ke dalam bambu yang sudah dipahat dengan sangat rapi. Kemudian cara memainkannya, api akan dimasukan ke dalam lubang kecil di sisi bagian bambu. Dentuman Meriam bambu ini akan terdengar saat Natal dan semakin memeriahkan perayaan di Nusa Tenggara Timur.

Itulah 7 keunikan dari seluruh dunia dan Indonesia. Nah kalau kakak cara merayakannya seperti apa nih? Boleh donk berbagi dengan kita di kolom komentar ya.

Dukung terus juga Superbook ya, agar semakin banyak generasi anak yang mengasihi Tuhan, mencintai firman Tuhan dan berdampak bagi sekitarnya dengan cara klik di bawah ini.

Saya Dukung!

Sumber : popmama dan cermati

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK