ARTICLE

Mon - Aug 15, 2022 / 871 / Sunday School

Sambut Hari Kemerdekaan Indonesia dengan 3 Kegiatan Seru di Sekolah Minggu!

Sebentar lagi kita akan merayakan 17-an alias hari kemerdekaan bangsa Indonesia! Biasanya untuk memeriahkan perayaan ini, anak-anak akan mengikuti berbagai lomba yang diadakan di lingkungan tempat tinggalnya. Ada lomba balap karung, makan kerupuk, bawa kelereng, memasukkan jarum dan lainnya.

Tapi apakah anak-anak mengerti akan kaitan antara “kemerdekaan” dengan kebebasan kita dari dosa? Nah Superbook punya nih beberapa kegiatan mengasikkan yang bisa membantu kakak dalam memeriahkan perayaan kemerdekaan di sekolah minggu, sekaligus menambah pengetahuan anak akan firman Tuhan. Apa saja kegiatannya? Simak sampai tuntas ya.

 

Permainan Akhirnya Bebas

Kakak guru sekolah minggu hanya membutuhkan kotak sepatu bekas dan beberapa beban pemberat (seperti bata atau batu). Tantang salah seorang atau beberapa anak untuk memegang kotak sepatu yang berisi bata atau batu itu selama mungkin.

Dari sini kakak bisa menjelaskan bahwa dosa itu seperti saat anak membawa beban di tangannya, semakin lama semakin berat. Beban itu menyeret mereka ke bawah (Roma 6:18). Dari sinilah kakak bisa membahas bagaimana kita bisa terbebas dari dosa (beban batu/ bata itu).

 Baca juga : METODE KREATIF YANG MEMBUAT ANAK SEKOLAH MINGGU MUDAH MENGERTI FIRMAN TUHAN

Merdeka!

Aktivitas ini super sederhana. Kakak guru sekolah minggu hanya memerlukan segulung benang wol. Kakak akan membutuhkan seorang anak untuk memeragakannya. Mintalah salah seorang anak baju kedepan dan satu anak lagi membantu kakak untuk mengelilingi anak itu dengan benang wol berkali-kali. Jangan terlalu kencang ya, yang penting membuat anak yang terikat itu menjadi susah bergerak.

Setelah itu jelaskan tentang Roma 6:20-23 mengenai kemerdekaan dari keterikatan dosa. Jika sudah selesai, kakak bisa kembali membebaskan anak tersebut dari ikatan benang wol tadi.

 Baca juga : 8 CIRI GURU SEKOLAH MINGGU TELADAN! APAKAH KAKAK SALAH SATUNYA?

Membuat ikat kepala patriotik

Ajak anak untuk merancang hiasan kepala patriotik mereka sendiri dan mereka dapat menyimpannya sebagai kenang-kenangan dari apa yang mereka temukan dalam pelayanan kakak hari itu. Kakak guru sekolah minggu bisa menyediakan bahan berupa kain polos yang bisa anak warnai, atau kertas karton yang bisa ditempel dan dihias oleh anak.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK